TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN KESEHATAN ANAK BALITA (KASUS PADA CSR PT. PERTAMINA TBBM BANDUNG GROUP)

SANDI GUMILAR, NURLIANA CIPTA APSARI, SANTOSO TRI RAHARJO, BUDHI WIBHAWA

Abstrak


Gizi buruk anak balita di perkotaan disebabkan oleh faktor ekonomi, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor hereditas. Kesehatan anak yang berusia di bawah lima masih sangat bergantung pada ibu. Keterlibatan dan peran serta perusahaan melalui kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) dapat dilakukan melalui program-program yang mendukung kesehatan ibu dan anak. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Informan penelitian adalah program manajer CSR, tokoh masyarakat serta masyarakat penerima manfaat. Data analisis dilakukan melalui proses reduksi data, presentasi data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dapat diselaraskan dengan program-program yang telah berjalan selama ini di masyarakat. PT.Pertamina TBBM Bandung Group merupakan salah satu BUMN yang peduli terhadap kesehatan ibu dan anak, melalui Program SEHATI (Sehat Ibu dan Anak Tercinta) dan OMABA (Ojek Makanan Balita), yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan serta menurunkan Angka Anak Balita Gizi Buruk, sekaligus meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Kota Bandung. Keberhasilan program-program CSR dalam bidang kesehatan ibu dan anak tidak lepas dari kerjasama antara pihak perusahaan dengan komite kesehatan di masyarakat. Keterlibatan masyarakat penerima program CSR sangat esensial untuk menjaga kesinambungan program.


Kata Kunci


kesehatan; anak balita; gizi buruk; CSR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akadun. (2007). Administrasi Perusahaan Negara. Bandung: Alfabeta.

Apsari, N.C. (2015). Hak Anak: Perspektif Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press.

Asrori, Mohammad. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Badudu J.S., Sutan & Zein, M. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapam.

Creswel, J.W. (2010). Research Design : Penelitian Kualitatif edisi ke tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Effendy, O.U. (2002). Hubungan Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurairah, A. (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Imran, M. (2012). Peran Public Relations Pada Program CSR Dalam Rangka Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Jurnal LPPM: Paradigma, 9(01), hal. 127-139.

Irianta, Yosal. (2004). Community Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Irwanto, E. H., Hadisoepadma, A., Priyani, M. R., & Wismanto, Y. B. (1989). Psikologi umum. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hendrik, B. U. (2008). Corporate Social Responsibility. Sinar Grafika: Jakarta.

Jefkin, Franks. (1992). Public Relations edisi keempat, Alih Bahasa: Haris Munandar, Jakarta: Erlangga.

Kottler, P. & Nancy, L. (2005). Corporate Social Responsibility Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Public Relations Writing. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Marnelly, T.R. (2012). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. JURNAL APLIKASI BISNIS Vol. 2 No. 2, April 2012, hal. 49-59.

Miles, M.B. & Huberman, M.A. (1994). Qualitative Dara Analisys: an Expanded Source. California: SAGE Publications Inc.

Toha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narsa, I.M. & Irwanto, A. (2014). Implementasi Tanggung Jawab Sosial PT. Petrokimia Gresik Pada Masyarakat Lokal: Apa Kata Mereka?. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL) Vol. 5 No. 3 Hal. 345-510 Malang, Desember 2014.

Nazir. (1999). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmat, Jallaludin. (1990). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Rahmatullah & Kurniati, T. (2011). Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Yogyakarta: Samudra Biru.

Robbins, S.P. (1996). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Raharjo, ST. (2015). CSR, Relasi Dinamis Industri dengan Masyarakat. Bandung: Unpad Press.

Rahmat, J. (1990). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Rudito, B., Budimanta, A. & Prasetijo, A. (2004). Corporate Social Responsibility: Jawaban Bagi Modal Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta: ICSD

Saputra, W. & Nurrizka, R.H. (2012). Faktor Demografi dan Risiko Gizi Buruk dan Gizi Kurang. Makara, Kesehatan Vol.16 No. 2, hal. 95-101.

Sarlito, S.W. (1976). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: P T. Bulan Bintang

Siporin, M. (1975). Introduction to Social Work Practice. Michigan University: Macmillan

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemirat, S. & Ardianti, E. (2003). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Untung, H.B. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Grafika Offset.

Walgito, Bimo. (1989). Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu.

--------------. (2002). Pengantar Psikologi Umum Edisi 2. Yogyakarta: Adi

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.

http://www.bumn.go.id/perhutani/halaman/162




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.19416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.