PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. INDONESIA POWER UPJP KAMOJANG
Abstrak
ABSTRACT
The concept of corporate social responsibility has been around for thousands of years. The concept of corporate social responsibility has increasingly developed at the beginning of the industrial revolution which began to focus on the problem of corporate responsibility. The implementation of CSR is considered as an effort to create good companies in the public eye. John Elkinkon through the concept of "3P" (profit, people and planet) as a way for companies to survive by making a positive contribution to society (people) and actively taking part in preserving the environment (planet). Budimantara also explained the type of CSR implementation, namely community relations, community services, and community empowering. This study uses the literature study method as an analytic tool. The data used are primary data from interviews and student data.
ABSTRAK
Konsep corporate social responsibility sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Konsep corporate social responsibility ini semakin berkembang pada awal masa revolusi industri yang mulai berfokus pada masalah tanggung jawab perusahaan. Pelaksanaan CSR dianggap sebagai upaya untuk menciptakan baik perusahaan dimata publik. John Elkinkon melalui konsep “3P” (profit, people, dan planet) sebagai cara bagi perusahaan ingin bertahan dengan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat (people) dan ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet). Budimantara juga menjelaskan tipe pelaksanaan CSR yaitu community relations, community services, dan community empowering. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur sebagai tools analysist. Data yang digunakan data primer dari wawancara dan data sekuder.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
AFTAR PUSTAKA
Buku
Raharjo, Santoso T. (2017). CSR: Relasi Dinamis Antara Perusahaan Multinasional dengan Masyarakat Lokal. Jatinangor: Unpad Press.
Saidi, Zaim & Hamid Abidin. (2004). Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia. Jakarta: Piramedia
Jurnal
Bice, Sara.(2015). Corporate Social Responsibility as Institution : A Social Mechanisms Framework. Cross Mark :
Craig, Marita.(2013). Corporate Social Responsibilities: Alternative Perspective About the Need to Legilate. Springer
Grzegorz, e.t.c.(2015). Board Attributes, Corporate Social Responsibility Strategy, and Corporate Enviromental and Social Performance. Cross Mark
Meilinanny, Santoso.(2014). Corporate Social Responsibility (CSR) Dari Sudut Pandang Perusahaan. Prosiding KS : Jurnal Share.
Probosiwi, Ratih. (2016). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial : Volume 13 No.2
Retnaningsih. (2015). Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Pusat Pengkajian, Pengelohan Data dan Informasi (P3DI)
Rujukan Elektronik
Permasalahan Dalam Pelaksanaan CSR di Indonesia, Manajemen Kebijakan,” Jumat, 06 Desember 2013. http://w4nm4p.blogspot.co.id/2013/12/permasalahan-dalam-pelaksanaan-csr-di.html, diakses 21 Desember 2018.
Kegiatan CSR di Indonesia Menghadapi Beragam Kendala, http://www.amerta.or.id/2014/05/21/kegiatan-csr-di-indonesia-meng-hadapi-beragam-kendala/, diakses 21 Desember 2018.
Hendi, CSR : Sekilas Sejarah dan Konsep, http://ngeyiz.blogspot.com/2009/02/csr-sekilas-sejarah-dan-konsep.html
DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20080
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.