Fungsi Corporate social responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat

Rahmadani Rahmadani, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty

Abstrak


ABSTRAK

Corporate social responsibility merupakan salah satu bentuk kepatutan yang diberikan oleh perusahaan kepada masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Adanya tanggungjawab sosial perusahaan ini dapat memberikan sebuah perubahan positif di dalam kehidupan masyarakat atau komunitas. Pelaksanaan program corporate social responsibility oleh perusahaan seharusnya dapat memunculkan kemandirian masyarakat, karena dalam corporate social responsibility sendiri terdapat tipe implementasi pemberdayaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengedepankan program corporate social responsibility yang dapat meningkatkan kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi sasaran dalam target program. Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu upaya dan metode yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menciptakan kondisi masyarakat yang aktif, partisipatif dan mandiri. Hal ini dikarenakan dalam pemberdayaan masyarakat mendorong terciptanya masyarakat yang aktif dan partisipatif untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, jika sebauh perusahaan merancang program-program corporate social responsibility yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat maka perusahaan harus menggunaka metode pemberdayaan masyarakat agar tercapainya pelaksanaan program corporate social responsibility yang membuat masyarakat menjadi berdaya, mandiri dan tidak ketergantungan.

 

ABSTRACT

Corporate social responsibility is one form of propriety provided by companies around the company. The existence of corporate social responsibility can provide positive responsibility in the life of the community or community. Implementing corporate social responsibility programs by companies that can bring about community independence, because in corporate social responsibility itself there is implementation of empowerment. Therefore, companies need to prioritize corporate social responsibility programs that can increase independence and improve the ability of the people who are targeted in the target program. Community empowerment is one of the efforts and methods that can be used by companies in creating conditions for an active, participatory and independent society. This is because in community empowerment the creation of an active and participatory community to achieve the goals to be achieved. Thus, if a company is adjusted to corporate social responsibility programs that aim to empower the community, the company must use the method of community empowerment to achieve the implementation of corporate social responsibility programs that make the community empowered, independent and not dependent.


Kata Kunci


Corporate social responsibility; Community Development; Community Independence

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andi Mapisangka. 2009. Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. JESP Vol. 1, No. 1

ASY’ARI, HASAN. 2009. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI MODAL SOSIAL PADA PT NEWMONT. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang

Bambang Rudito dan Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Bandung: Rekayasa Sains Bing Bedjo Tanudjaja. PERKEMBANGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI INDONESIA. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya

Cholisin. 2011. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131474282/pengabdian/PEMBERDAYAAN+MASYARAKAT.pdf. Pada 17 November 2018, pukul 06.32 WIB

Erna. 2015. PENGEMBANGAN MASYARAKAT AGRIBISNIS DEFINISI PENGEMBANGAN MASYARAKAT, PENDEKATAN PROFESIONAL DAN PENDEKATAN RADIKAL. FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI

Firdaus, Corporate Social Responsbility, Juranal Ilmiah Hukum, Fakultas Hukum Universitas Riau, Edisi 1, No.1.2010.

Hendrik Budi Untung, Corporate Social Responsbility, Sinar Grafika, Jakarta, 2008.

Lina Anatan. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Staff Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha

Mulyadi, Pengelolaan Program Corporate social responsibility: Pendekatan, keperpihakan, dan Keberlanjutan, Center For Population Studies, UGM, 2003.

Muryati, Dewi Tutri., SH, Tanggungjawab Sosial Perusahaan Dalam Kaitanya Dengan Kebijakan Lingkungan Hidup, Jurnal Law Reform, Pembaharuan Hukum, Volume 3/No. 1 Februari 2007, Program Magister Ilmu Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang.

Poewanto. 2010. Corporate social responsibility, Pustaka pelajar: Yogyakarta

Raharjo, ST. 2015. C S R: Relasi Dinamis anatara Perusahaan Multinasional Ddengan Masyarakat Lokal. Unpad Press

Siregar, Chairil. N., Analisis Sosiologis Terhadap Implementasi CSR pada Masyarakat Indonesia, Jurnal Sosioteknologi Edisi 12 tahun 06, Desember 2007, ITB, BandungSulistyaningtyas, I. D. 2006. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Program Kampanye Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No. 1, 63-76.

Suharto, Ign. 2010. Pengaruh Program Pengembangan Masyarakat terhadap Kemampuan Masyarakat Meningkatkan Kesejahteraannya di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut (Studi Program Pengembangan Masyarakat di Kawasan Pembangkit Listrik tenaga Panas Bumi PT. Chevron).FISIP Unpad.

Umar Hasan. Kewajiban Corporate social responsibility (CSR) Dilihat Dari Perspektif Hukum. Majalah Hukum Forum Akademika




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.