SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PEMANFAATANNYA PADA ORGANISASI PELAYANAN KEMANUSIAAN AKSI CEPAT TANGGAP KABUPATEN BANDUNG BARAT

Denny Maulana Pratama, Soni Akhmad Nulhaqim, Gigin Ginanjar Kamil Basar

Abstrak


Organisasi pelayanan kemanusiaan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada penerima manfaat dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk  memperoleh deskripsi mengenai sistem informasi manajemen dan pemanfaatannya oleh Yayasan Aksi Cepat Tanggap Kabupaten Bandung Barat. Deskripsi sistem informasi manajemen diawali dengan pengidentifikasian data melalui tahapan input, throughput, output, dan outcome. Setelah penjabaran mengenai pengidentifikasian data, maka dilanjutkan dengan pendeskripsian proses pengolahan data menjadi informasi serta pemanfaatannya bagi kepentingan organisasi dalam memberikan pelayanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Aksi Cepat Tanggap Kabupaten Bandung Barat sebagai organisasi pelayanan kemanusiaan telah menggunakan sistem informasi manajemen untuk kepentingan organisasi, baik secara internal maupun eksternal dalam memberikan pelayanan kepada penerima manfaat. Namun, terdapat kendala yang perlu diatasi berkaitan dengan pengembangan aplikasi atau website sistem informasi manajemen, baik berupa fitur pengelolaan data penerima manfaat maupun pelatihan staf dalam proses pengoperasian. Sehingga, manfaat elemen program pada sistem informasi manajemen dapat dirasakan secara merata baik oleh organisasi, relawan, maupun penerima manfaat.


Kata Kunci


Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Organisasi Pelayanan Kemanusiaan, Yayasan Aksi Cepat Tanggap, Kabupaten Bandung Barat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armstrong, D. &. (2015). Organization Theory and Design. Canada: Nelson Education Ltd.

Bopp, C. (2019). Doing “Good” with data? Understanding and Working Around Data Doubles in Human Services Organizations. Proceedings of the ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work, CSCW, 33–37. https://doi.org/10.1145/3311957.3361850

Carnochan, S., Samples, M., Myers, M., & Austin, M. J. (2014). Performance Measurement Challenges in Nonprofit Human Service Organizations. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly. 43(6), 1014–1032. https://doi.org/10.1177/0899764013508009

Chenoweth & McAulifee. (2015). The Road Social Work and Human Service Practice (4th Editio). Melbourne: Cengage Learning.

Costakis, H. R., Gruhlke, H., & Su, Y. (2021). Implications of Emotional Labor on Work Outcomes of Service Workers in Not-for-Profit Human Service Organizations. Human Service Organizations Management, Leadership and Governance. 45(1), 29–48. https://doi.org/10.1080/23303131.2020.1818157

Creswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. California: SAGE Publications.

Devlieghere, J., & Roose, R. (2019). Documenting Practices In Human Service Organisations Through Information Systems: When The Quest For Visibility Ends In Darkness. Social Inclusion. 7(1), 207–217. https://doi.org/10.17645/si.v7i1.1833

Heugten, K. Van. (2014). Human Service Organization in The Disaster Context. New York: Martin’s Press.

Kettner. (2002). Achieving Excellence In The Management of Human Service Organization. Boston: Allyn & Bacon.

Larasati, I., & Rahayu, E. (2019). Hubungan Tingkat Work-Life Balance Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan Organisasi Pelayanan Kemanusiaan, Karyawan Yayasan Plan Internasional Indonesia. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(2), 94–111.

Laudon, L. &. (2016). Management Information System. Kendalville: Pearson Education Limited.

Lipursari, A. (2013). Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Stie Semarang. 5(1), 26–37.

Rivera, Melissa Pagaoa, B. M. M. (2019). Participation in Community Preparedness Programs in Human Services Organizations and Faith-Based Organizations — New York City. Morbidity and Mortality Weekly Report. 68(35), 757–761.

Lyons, J. (2009). Communimetrics: A Communication Theory of Measurement in Human Service Settings. Canada: Springer.

Mensing, J. F. (2017). The Challenges of Defining And Measuring Outcomes in Nonprofit Human Service Organizations. Human Service Organizations Management, Leadership and Governance. 41(3), 207–212. https://doi.org/10.1080/23303131.2017.1321286

Miles, Huberman, & S. (2014). Qualitative Data Analysis (A Methods Sourcebook) third edition. Los Angeles: SAGE.

Muttalib, A., & Asdar. (2017). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Terhadap Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–15.

Pembroke. (2004). Working Relationship: Spirituality in Human Service and Organisational Life. Philadelphia: Jessica Kingsley Publishers.

Nurrani, V. T., & Ferdian, A. (2018). Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Yayasan Pendidikan Telkom Bandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 25. https://doi.org/10.23969/jrbm.v11i1.868

O’Connor, M. K., & Netting, F. E. (2009). Organization Practice: A Guide to Understanding Human Services. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Pramitha, D. (2017). Pergeseran Paradigma Sistem Informasi Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling. 2(1), 22–27.

Purwowibowo. (2014). Peran Pekerja Sosial Dalam Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial Di Era Millennium. Share Social Work Journal, 4(2), 198–210.

Setiyawati, E., Raharjo, S. T., & Fedryansyah, M. (2015). Pelayanan Sosial di Bidang Pendidikan Pada Faith Based Organization. Share Social Work Jurnal, 5(1), 24–34.

Watson & Hoefer. (2014). Developing Nonprofit and Human Service Leaders. California: SAGE Publications.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v12i1.34699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.