Fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak dalam Melaksanakan Program Pembinaan Berbasis Budi Pekerti pada Anak Didik Pemasyarakatan
Abstract
Lembaga Pembinaan Khusus Anak merupakan lembaga yang memberikan fasilitas dan turut melaksanakan program pembinaan kepada anak didik pemasyarakatan. Sebagai lembaga yang melaksanakan pembinaan tersebut tentu memiliki fungsi yang memiliki dampak bagi Anak yang menjalani pembinaan, fungsi lembaga tersebut dapat berupa fungsi manifes dan fungsi laten. Meskipun demikian, suatu lembaga dalam melaksanakan pembinaan memiliki hambatan yang dapat menghambat suatu program binaan dan dapat disebut dengan disfungsi lembaga. Untuk menganalisis persoalan tersebut penulis menggunakan analisis sosiologis menggunakan teori fungsionalis struktural yang dikemukakan oleh Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara kepada informan yang merupakan para pegawai LPKA Kelas II Bandung. Simpulan penelitian ini, struktur memiliki dampak andil dalam keberhasilan terlaksananya suatu program pembinaan, struktur yang teridiri dari aturan, norma, dan sumber-sumber daya memadai dapat berdampak pada keberhasilan pembinaan dalam membentuk Anak agar menjadi individu yang lebih baik dan dapat kembali ke lingkungan sosialnya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.