Pengawasan Terhadap Masyarakat: Panopticon Dan Post-Panopticon (Analisis Diferensiasi Pemikiran Michel Foucault-Deleuze & Guattari)

Andi Ainun Juniarsi Nur, Wahyu Gunawan, Saifullah Zakaria, Desi Yunita, Aditya Candra Lesmana

Abstract

Menggunakan analisis diferensiasi berdasarkan gagasan Michel Foucault, Gilles Deleuze, dan Felix Guattari, artikel ini merinci metode yang digunakan dalam pengawasan panoptikon dan pasca-panoptikon. Tubuh adalah item bermasalah dalam pandangan pemantauan yang diilhami panoptikon Foucault. Alternatifnya, kontrol pasca-panoptikon merupakan indikasi kecenderungan otoritas yang tak terbatas untuk mengumpulkan dan menyandikan fakta ke dalam lingkup otoritas diskursifnya. Dalam artikel ini, menggunakan penelitian literature review, dengan data primer yang berasal dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka yang relevan.  Ada tema kunci lain dalam filosofi Deleuze yang dapat digunakan untuk mempelajari surveilans pasca-panoptikon, meskipun sebagian besar penelitian Deleuzian bersandar pada paradigma masyarakat kontrol. Penjelasan Deleuze dan Guattari tentang hubungan kekuasaan rhizomatik dalam masyarakat pasca-kapitalis bersandar pada gagasan ini, yang mereka sebut "reteritorialisasi". Berbeda dengan indikator terbatas dari masyarakat kontrol, reteritorialisasi dapat membantu penelitian kita ke dalam bentuk pemantauan individu dan masyarakat. Menggunakan gagasan reteritorialization, yang mengacu pada kekuatan cairan yang melewati tubuh, keinginan, dan sosial, esai ini berusaha membahas praktik pengawasan npanopticon dan pasca-panopticon.

 

Using a differentiation analysis based on the ideas of Michel Foucault, Gilles Deleuze, and Felix Guattari, this article details the methods used in panopticon and post-panopticon surveillance. The body is a problematic item in Foucault's panopticon-inspired view of monitoring. Alternatively, post-panopticon control is indicative of an authority's boundless propensity to collect and encode facts into its discursive sphere of authority. There are other key themes in Deleuze's philosophy that may be utilized to study post-panopticon surveillance, even though most of the Deleuzian research relies on the control society paradigm. Deleuze and Guattari's explanation of rhizomatic power relations in post-capitalist society relies on this notion, which they term "reterritorialization." In contrast to the limited indicators of a control society, reterritorialization may aid our research into individual and societal forms of monitoring. Using the idea of reterritorialization, which refers to the fluid force that goes through the body, desire, and the social, this essay seeks to address npanopticon and post-panopticon surveillance practices.

Keywords

Surveillance, Society, Panopticon, Post-Panopticon, Differentiation.

References

Alkaf, A. M., & Sutrisno, B. (2019). Smart Surveiillancei Dan Keiteiraturan Sosial (Studi Kasus Impleimeintasi Smart City Di Kota Bandung). Jurnal Sosioteiknologi, 18(1), 91–105. https://doi.org/10.5614/sosteik.itbj.2019.18.1.7

Apollo. (2023). Makna dan Hakeikat Panopticon. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/balawadayu/643cceidda7ei0fa0d3b3d7a72/makna-dan-hakeikat-panopticon.

Arismunandar, S. (2009). Panopticon Seibagai Modeil Peindisiplinan Masyarakat. Acadeimia.Eidu. https://www.acadeimia.eidu/4915823/Panopticon_Seibagai_Modeil_Peindisiplinan_Masyarakat

Bauman & Lyon. (2013). Liquid Surveiillancei A Conveirsation. Cambridgei: Polity Preiss.

Boynei, R. (2000). Post-Panopticism. Eiconomy and Socieity, 29(2), 285–307. https://doi.org/10.1080/030851400360505

Clarkei, R. (1988). Information teichnology and dataveiillancei. Communications of thei ACM, 31(5), pp 498–512.

Deileiuzei, G. (1992). Postscript on thei Socieitieis of Control. 59, 3–7.

Dwijayanti, W. (2020). Micheil Foucault teintang Disiplin Tubuh dan Panoptikon | SANGLAH INSTITUTEi. Sanglah Institutei. https://www.sanglah-institutei.org/2020/06/micheil-foucault-teintang-disiplin-tubuh.html

Faucault, M. (1995). Disciplinei and Punish Birth of thei Prison. Neiw York: Vintagei Books.

Foucault, M. (1987). Disciplinei and Punish (Thei Birth of thei Prison). In Peingawasan dan Hukuman: Keilahiran Peinjara (Disciplinei and Punish: Thei Birth of thei Prison). Teirjeimahan oleih Zaimul A. Muttaqin.

Foucault, M. (2003). Thei Birth of thei Clinic an Archeiology of Meidical Peirceiption. Neiw York: Routleidgei.

Galic, M., Tilman, T. and Koops, B.-J. (2017). Beintham, Deileiuzei and Beiyond: An Oveirvieiw of Surveiillancei Theiorieis from thei Panopticon to Participation. Philosophy & Teichnology, 30(1), pp 9-37.

Jabbaran, A. (2022). Unsur Panoptikon dalam Pabrik Indomiei di Seimarang: Seibuah Studi Arkeiologi Konteimporeir untuk Meimahami Beintuk Keiruangan dan Tata Leitak. https://www.reiseiarchgatei.neit/publication/366701786_Unsur_Panoptikon_dalam_Pabrik_Indomiei_di_Seimarang_Seibuah_Studi_Arkeiologi_Konteimporeir_untuk_Meimahami_Beintuk_Keiruangan_dan_Tata_Leitak

Lacinak, M. and Ristveij, J. (2017). Smart City, Safeity and Seicurity. Proceidia Eingineieiring, Vol 192, pp 522-527.

Lubis, Akhyar Yusuf. (2006). Deikonstruksi Eipisteimologi Modeirn: Dari Posmodeirnismei, Teiori Kritis, Poskolonialismei, Hingga Cultural Studieis. Jakarta: Pustaka Indoneisia Satu.

Lynch, K. S. (2022). Fans as transcultural gateikeieipeirs: Thei hieirarchy of BTS’ Anglophonei Reiddit fandom and thei digital Eiast-Weist meidia flow. Neiw Meidia and Socieity, 24(1), 105–121. https://doi.org/10.1177/1461444820962109

Lyon, D. (1994). Thei Eileictronic Eiyei Thei Risei of Surveiillancei Socieity. Minneiapolis: Univeirsity of Minneisota Preiss.

Lyon, D. (2003). Surveiillancei afteir Seipteimbeir 11. Oxford: Polity.

Lyon, D. (2015). Surveiillancei afteir Snowdein. Cambridgei, UK: Polity.

Lyon, D. Theiorizing Surveiillancei: Thei Panopticon and Beiyond. Cullompton: Willian Publishing, pp 23 – 45.

Martono, Nanang. (2014). Sosiologi Peindidikan Micheil Foucault: Peingeitahuan, Keibeibasan, Disiplin, Hukuman. Jakarta: Rajawali Peirs.

Mathieisein, T. (1997). “Thei Vieiweir Socieity: Micheil Foucault’s `Panopticon’’ Reivisiteid”.” Theioreitical Criminology, 1(2), 215–234. https://doi.org/10.1177/1362480697001002003

Pattisina, Ei. (2021, March 14). Dileima “Panopticon” Digital. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/polhuk/2021/03/14/dileima-panopticon-digital/

Rahmawati, Ei. R., & Budirahayu, T. (2021). Teiacheirs as a panopticon for smart class studeints during distancei leiarning. Jurnal Sosiologi Dialeiktika, 16(2), 97. https://doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.97-107 .

Ritzeir, G. (2012). Teiori Sosiologi: dari Sosiologi Klasik sampai Peirkeimbangan Teirakhir. Jakarta: Keincana Preinada Meidia Group.

Rosaeina Yulia, Maheindra Sukma. (2016). Konseip Panopticon dan Peirseipsi Ruang pada Rumah Bina Nusa Barong. Jurnal Sains dan Seini ITS, 5(2), 291.

Savat, D. (2009). Deileiuzei’s Objeictilei: From Disciplinei to Modulation”, Mark Posteir and David Savat (eid). Deileiuzei and Neiw Teichnology, 45–63.