KEMAMPUAN BACA MAHASISWA PADA BUKU TEKS

Prijana - -, Asep Saeful Rohman

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan baca mahasiswa setelah diberi perlakuan membaca dengan metode baca good reading. Metode penelitian: eksperimen, yakni unit eksperimen satu (N1=189), unit eksperimen dua (N2=68), unit eksperimen 3 (N3=129), unit eksperimen 4 (N4=57), unit eksperimen 5 (N5=61). Hasil penelitian: strata IPK mahasiswa memiliki hubungan non-signifikan dengan metode baca good reading. Strata IPK memiliki hubungan non-signifikan dengan waktu baca. Faktor keterampilan baca dan keterlatihan diduga memiliki keterkaitan dengan waktu baca. Semakin terampil dan terlatih untuk membaca, semakin singkat waktu bacanya. Kesimpulan: Mereka yang memiliki IPK tinggi lebih terampil baca dibandingkan dengan mereka yang memiliki IPK lebih rendah.

Keywords: Kemampuan baca, good reading, Buku Teks, Ilmu Pengetahuan, Keterampilan 




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v18i3.10324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com