KINERJA USAHA WIRAUSAHA PEREMPUAN “GUREM” PENERIMA KREDIT DI DESA CIHIDEUNG ILIR, KECAMATAN CIAMPEA, KABUPATEN BOGOR

Laras Sirly Safitri, Suharno Suharno, Siti Jahroh

Abstract


Wirausaha perempuan merupakan salah satu faktor kunci pertumbuhan ekonomi, khususnya di perdesaan. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, usaha kecil bahkan skala “gurem” yang dijalankan perempuan seringkali menghadapi hambatan akses terhadap modal. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis dampak pemberian kredit melalui pengukuran kinerja usaha perempuan, sebelum dan setelah menerima kredit. Penelitian ini merupakan sebuah aksi yang berbasis pada riset eksperimen. Responden terdiri dari tiga puluh orang yang dipilih secara sengaja (purposive) untuk diberikan perlakuan berupa kredit modal usaha. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja usaha perempuan penerima kredit belum meningkat setelah menerima kredit. Hal tersebut ditunjukkan oleh tingkat pengembalian kredit yang hanya mencapai 83 persen. Di samping itu, Uji Pangkat Tanda Wilcoxon menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan omset rata-rata per hari dan marjin keuntungan rata-rata per hari wirausaha perempuan, baik sebelum maupun setelah menerima kredit. Perlu penelitian lanjutan yang dapat mendesain ulang penyaluran kredit yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan wirausaha perempuan, serta dilengkapi dengan pendampingan manajemen usaha.

 


Keywords


kinerja usaha; kredit; wirausaha perempuan

Full Text:

PDF

References


Asmorowati, S. (2007). Dampak Pemberian Kredit Mikro untuk Perempuan: Analisis Pengadopsian Model Grameen Bank di Indonesia. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 20, (3), 1-13.

De Aghion, B.A. & Morduch, J. (2005). The Economics of Microfinance. London: The MIT Press

Greene, P.G., Myra, H.M., Gatewood, E. J., Brush, C. G., & Carter, N.M. (2003). Women Entrepreneurs: Moving Front and Center: An Overview of Research and Theory. http://www.unm.edu/~asalazar/Kauffman/Entrep_research/e_women.pdf.

Hanoeboen, B.R.A, & Sasongko, P. (2012). Strategi Pengembangan Usaha Perempuan Pelaku UMKM di Kota Ambon. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/1762/pdf.

Marpaung, E.S., Sarma, M., & Limbong, W.H. (2013).Dampak Pemberian Kredit Pola Grameen Bank Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Masyarakat Pesisir oleh Koperasi Lembaga Ekonomi Pengembangan Pesisir Mikro Mitra Mina di Kabupaten Tuban. Manajemen IKM. 8, (1), 20-26.

Neuman, W.L. (2000). Social Research Method: Qualitative and Quantitative Approaches 4th Edition. New York (US): Pearson Education Company.

Ocholah, R.M.A., Ojwang, C., Alla, F., Oima, D., Okelo, S., & Ojera, P.B. (2013). Effect of Micro Finance on Performance of Women Owned Entreprises, In Kisumu City, Kenya. Greener Journal of Business and Management Studies, 3, (4), 164-167.

Pitamber, S. (2003). Factors Impeding The Poverty Reduction Capacity of Micro-credit: Some Field Observations from Malawi and Ethiopia. Economics Research Papers No. 74. African Development Bank. http://www.afdb.org/fileadmin/uploads/afdb/Documents/Publications/00157682-FR-ERP-74.PDF.

Republik Indonesia. (2008). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4866. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sumarti, T., Latifah, M., Purnomo, A.M., & Indriana, H. (2011). Pemetaan Psikososial, Tantangan Struktural dan Isu Gender yang Dihadapi Perempuan Industri Rumahtangga di Kabupaten Bogor dan Kota Jakarta Selatan. Executive Summary.

Tambunan, T. (2012). Wanita Pengusaha di UMKM di Indonesia: Motivasi dan Kendala. Policy Discussion Paper, Center of Industry, SME and Business Competition Studies, Trisakti University. http://www.fe.trisakti.ac.id/pusatstudi_industri/pusat%20study%20tulus%20tambunan/pusat%20studi/policy%20discussion%20paper/policy%20paper%2033.pdf

Ushakiran, V., Rajeshwari, & Karunasree, M., (2012). A Study on Business Women in Micro Entreprises. International Journal of Multidisciplinary Research, 2, (1), 211-219.

Yuzaria, D. & Fitrini. 2010. Kontribusi Ekonomi Perempuan Penjual Ayam Goreng Gerobak di Beberapa Pasar Satelit di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan, 8, (5), 245-251.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i2.11408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com