PENGARUH EMOTIONAL CAPITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SETARA SMA DI JATINANGOR

Anissa Lestari Kadiyono

Abstract


Pendidikan kewirausahaan sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa setara SMA dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan bekal bagi pelajar untuk dapat berwirausaha karena wirausaha inilah yang dapat membuat bangsa ini menjadi mandiri dan sejahtera. Implementasinya berbeda-beda pada SMA, SMK, maupun MA. Selaku remaja, tahap eksplorasi karir dilalui dengan adanya stimulasi lingkungan dan pendidikan. Situasi emosi yang dimiliki oleh siswa selayaknya dikembangkan menjadi kompetensi emosional yang dapat dimanfaatkan dalam memanfaatkan kapasitas kognitif, personal, sosial, maupun pengembangan ekonominya yang terdiri atas sub facet kompetensi personal dan sub facet kompetensi sosial. Stimulasi pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan intensi siswa dalam berwirausaha. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII pada SMA negeri, swasta, SMK, dan MA di Jatinangor. Total responden sebanyak 496 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perkembangan individu, khususnya remaja yang sangat dipengaruhi oleh emosi, akan mendorong pentingnya modal emosional agar dapat mendorong munculnya intensi wirausaha pada individu. Modal emosional terbentuk dengan sumbangan kompetensi Sosial yang lebih besar, dibandingkan dengan kompetensi Personal. Dengan demikian, pendidikan kewirausahaan dan stimulasi lingkungan akan lebih mampu mengembangkan modal emosional siswa berupa kesiapan mental serta sikap positif terhadap wirausaha, yang sebaiknya tidak hanya dari sekedar menumbuhkan keterampilan, kemampuan, keahlian, ataupun jaringan yang sebaiknya dimiliki siswa namun juga aspek softskill yang dibutuhkan dalam mempersiapkan penciptaan pewirausahawan-pewirausahawan baru di masa yang akan datang.


Keywords


Emotional Capital; intensi wirausaha; remaja; SMA

References


Ajzen, I. 1985. From intentions to actions: a Theory of Planned Behavior, in Kuhl, J. and Beck¬mann, J. (Eds), Action Control: From Cogni¬tion to Behavior, Springer-Verlag, New York, NY, pp. 11-39.

Ajzen. 1991. The Theory of Planned Behavior: Organizational Behavior and Human Decision Processes 50, pp 179-211. http://courses.umass.edu /psyc661/pdf/tpb.obhdp.pdf

Brown, Duane. 2002. Career Choice and Development Fourth Edition. San Francisco : John Wiley & Sons, Inc.

Cresswell, J.,W. 2005. Educational research: planning, conducting and evaluating, quantitative and qualitative research. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Gendron, B. 2004. Why Emotional Capital Matters in Education and in Labour? Toward an Optimal Exploitaion of Human Capital and Knowledge Management, in Les Cahiers de la maison des Sciences Economiques, serie rouge, no 113 Paris : Universite Pantheon Sorbonne, 35 p. http:/econpapers.repec.org/paper/msewpsorb/ r04113.htm

Isaacson, E Lee, Brown Duane. 1997. Career Information, Career Counseling, and Career Development Sixth Edition. United States of America: Allyn & Bacon A Viacom Company.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://referensi.data.kemdikbud.go.id.

Kementrian Pendidikan Nasional. http://www.kemdiknas.go.id.

Kumalasari, Asteria Devy; Kustimah; & Wardhani, Nurul. 2012. Studi Deskriptif Mengenai Keterampilan Pengambilan Keputusan pada Remaja. Jurnal Sosiohumaniora : Jurnal Imu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 14, pp.198-211

Liňán, F., Rodrίguez-Cohard, & Cantuche-Rueda. 2005. Factors Affecting Entrepreneurial Intention Levels. 45th Congress of The European Regional Science Association. Amsterdam : 23-27 August 2005.

Liňán, F. & Rodriguez, J.C. 2004. Entrepreneurial Attitudes of Andalusian University Students, 44th ERSA Conference, Porto (Portugal), 21-25 August.

Mann, J., R. Harmoni, and C. Power. 1989. Adolescent Decision Making : The Development of Competence. Journal of Adolescence. Vol 12. Pp. 265-278

Marcia, J.E., et al. 1993. Ego Identity : A Handbook for Psychological Research. New York: Springer-Verlag NY Inc.

Mazzarol, T., T. Volery, N. Doss, dan V. Thein, 1999. Factors influencing small business start-ups. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research 5 (2): 48-63.

Peterman, N.E. & Kennedy, J. 2003. Enterprise Education : Influencing Students’ Perceptions Of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice. Vol. 28 (2). Pp. 129-144.

Shapero, A. & Sokol, L. 1982. Social Dimensions of Entrepreneurship. Kent, C.A., Sexton, D.L. y Vesper, K.H. (eds). Encyclopaedia of Entrepreneurship. Englewood Cliffs - Prentice Hall.

Segal, G., & Borgia, D., Schoenfeld, J. 2005. The Motivation to Become an Entreprenur. Inter¬national Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Vol. 11, pp. 42-57

Seagal, G; Borgia and Jerry Schoenfeld. 2005. The Motivation To Become An Entrepreneur International Journal of Entrepreneurial Be¬haviour & Research Vol. 11 No. 1

Shane, S., Edwin A. Locke, Christoper J. Collins. 2003. Entrepreneurial Motivation, Human Resource Management Review 13, 257-279.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.12071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com