CITRA DESTINASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP INTENSI UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI DI SULAWESI SELATAN SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA
Abstract
Salah faktor yang memengaruhi pengembangan pariwisata adalah citra destinasi. Setiap destinasi pariwisata harus menciptakan sebuah citra yang positif untuk menarik wisatawan memiliki intensi untuk berkunjung kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung citra kognitif terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung kembali ke Sulawesi Selatan. Convenience sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui survey, dimana kuesioner diberikan kepada 546 wisatawan dan yang memenuhi syarat untuk diolah adalah 482 kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa citra kognitif berpengaruh langsung terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung kembali ke Sulawesi Selatan. Citra kognitif juga berpengaruh tidak langsung terhadap intensi wisatawan untuk berkunjung kembali melalui citra afektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. & Driver, B.L. (1992) Application of the Theory of Planned Behaviour to Leisure Choices, Journal of Leisure Research, 24, (3), 207-224.
Arman, Hadi, S., Achsani, N.A. & Fauzi A., (2016). Analisis Sektor Strategis Pulau Sulawesi, Jawa Timur dan Kalimantan Timur, Sosiohumaniora, 18, (2), 97–107.
Assaker, G., Vinzi, V.E. & O’ Connor, P.O. (2011). Examining the Effect of Novelty Seeking, Satisfaction, and Destination Image on Tourist’ Return Pattern: A Two Factor, Non-Linear Latent Growth Model, Tourism Management, 32 (4), 890-901.
Baloglu, S., & Brinberg, D. (1997). Affective Image of Tourism Destination, Journal of Travel Research, 35, (4), 11-15.
Baloglu, S. & Erickson, R. E. (1998). Destination Loyalty and Switching Behaviour of Travelers: A Markov Analysis, Tourism Analysis, 2, 119-127.
Baloglu, S. & McClearly, K.W. (1999), A Model of Destination Image Formation, Annals of Tourism, 26, (4), 868-897.
Beerli, A. & Martin, J.D. (2004). Tourists’ Charac-teristics and the Perceived Image of Tourist Destination: A Quantitative Analysis – A Case Study of Lanzarote, Spain, Tourism Management, 25, (5), 623-636.
Beerli, A., Diza, G. & Perez, P.J. (2002). The Configuration of the University Image and Its Relationship with the Satisfaction of Students, Journal of Educational Administration, 40, (5), 486-504.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences, 2nd Edition, Hillsdale NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Crompton, J. (1979). An Assessment of the Image of Mexico as a Vacation Destination and the Influence of Geographical Location upon that Image, Journal of Travel Research, 17, (4), 18-24
Echtner, C.M. & Ritchie, J.R.B. (2003). The Meaning and Measurement of Tourism Destination Image, The Journal of Tourism Studies, 14, (1), 37- 48.
Gallarza, M.G., Saura, I.G. & Garcia, H.C. (2002). Destination Image: Towards a Conceptual Framework, Annals of Tourism Research, 29, (1), 56-78.
Gartner, W.C. (1993). Image Formation Process, Journal of Travel & Tourism Marketing, 2, (2/3), 191-215.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hunt, J.D. (1975). Image as a Factor in Tourism Development, Journal of Travel Research, 13 (3), 1–7.
Indira, D., Ismanto, S.U. & Santoso, M.B. (2013). Pencitraan Bandung Sebagai Daerah Tujuan Wisata: Model Menemukenali Ikon Bandung Masa Kini, Sosiohumaniora, 15, (1), 45-54.
Kuncoro, A., Engkos & Riduwan (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung: Alfabeta.
Luo, S.J. & Hsieh, L.Y. (2013). Reconstructing Revisit Intention Scale in Tourism, Journal of Applied Science, 13, (18), 3638-3648.
Opperman, M. (2000). Tourism Destination Loyalty, Journal of Travel Research, 39, (1), 78-84
Rahayu, S. (2005). SPSS Versi 12,00 dalam Riset Pemasaran, Bandung : Alfabeta.
Robertson, R.A. & Regula, J.D. (1994). Recreational Displacement and Overall Satisfaction: A study of Central Iowa’s Licensed Boaters, Journal Leisure Research, 26, (2), 174-181.
Walmsley, D.J. & Young, M. (1998). Evaluative Image and Tourism: The Use of Perceptual Constructs to Describe the Structure of Destination Image, Journal of Travel Research, 36, (3), 65-69.
Wisata Indonesia Timur. (2014). Peta Wisata Sulawesi Selatan, Diakses dari https://wisataindonesiatimur.wordpress.com/wisata-indonesia-timur/peta-wisata-sulawesi-selatan/ Kamis, tanggal 25/09/2014.
DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sosiohumaniora Indexed By:
Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran
Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363
Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com