SIMBOLISME AYAM JAGO DALAM PEMBANGUNAN IDENTITAS KULTURAL KABUPATEN CIANJUR

Ani Rachmat

Abstract


Penelitian ini mengkaji latar kultural dan historis pemaknaan ayam jago dalam kebudayaan Indonesia secara umum, dan kebudayaan Sunda secara khusus. Ayam pelung menjadi fokus kajian karena secara simbolik erat kaitannya dengan masyarakat Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Sumber-sumber penelitian ini menggunakan sumber naskah, buku, jurnal, serta sumber lisan berupa wawancara. Ayam jago adalah satwa yang merepresentasikan kekuatan. Dalam kebudayaan Sunda, ayam jago erat kaitannya dengan kisah Ciung Wanara. Kisahnya merepresentasikan kebiasaan masyarakat yang gemar dalam memelihara dan mengadu ayam. Kebiasaan memelihara ayam tergambar pula dalam kebiasaan masyarakat Kabupaten Cianjur terhadap ayam pelung. Ayam pelung yang memiliki suara bagus dimaknai bukan hanya dari sisi ekonomi, tetapi juga dari sisi historis dan kultural. Ayam pelung pun kemudian menjadi simbol pembangunan fisik dan psikis Kabupaten Cianjur. Slogan “Cianjur Jago” mengandung harapan akan terciptanya masyarakat yang “jago” secara positif dalam pembangunan kultural masyarakat Kabupaten Cianjur di masa yang akan datang.

 


Keywords


Ayam Jago; Ayam Pelung; Cianjur; Simbolisme

Full Text:

PDF

References


Amar, (2009). Identitas Kota, Fenomena dan Perma-salahannya, Jurnal ruang, 1, (1), 55-59.

Geertz, C. (1992). Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius

Hall, S. (1990). Cultural Identity and Diaspora.” Identity: Community, Culture, Difference. London: Lawrence & Wishart

Lubis, N.H. (2013). Sejarah Kerajaan Sunda. Bandung: Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Jawa Barat

Muhsin, M. (2011). Dinamika Sosial Ekonomi Priangan Abad ke-19. Sosiohumaniora, 13, (1), 96-107.

Olthof, W.L. (2017). Babad Tanah Jawi. Yogyakarta: Narasi

Passariello, P. (1999). Me and my totem: cross-cultural attitudes towards animals, dalam Francine L. Dolins (ed.), Attitudes to Animals. Cambridge: Cambridge University Press

Raffles, T.S. (2014). The History of Java. Yogyakarta: Narasi

Reid, A. (2014). Asia Tenggara dalam Kurun Niaga 1450-1680 Jilid I: Tanah di Bawah Angin. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Saidah, Z., Kusno, K. & Wulandari, E. (2012) Strategi Pemasaran Tauco Cap Biruang di Kabupaten Cianjur. Sosiohumaniora, 14, (1), 24-37.

Sastroatmodjo. S. (2006). Citra Diri Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi

Sukarja, D. (2002). Inventarisasi dan Dokumentasi Sumber Sejarah Galuh Ciamis. Jakarta: Katalog Perpustakaan Nasional RI

Wawancara Agus (Ketua Perkumpulan Pegiat Ayam Pelung Cianjur), 7 September 2017

Wawancara Wakil Bupati Cianjur, 8 September 2017

Hanggoro, T.H. (2014). Perang Ayam, Historia, https://historia.id/kuno/articles/perang-ayam-DrdkP, diakses 22 September 2014

Radar Cianjur. (2017) Tugu Ngaos Mamaos Maenpo di Cianjur Akan Diganti Ayam Pelung. https://cianjur.pojoksatu.id/baca/tugu-ngaos-mamaos-maenpo-cianjur-diganti-tugu-ayam-pelung-setuju diakses 13 Januari 2017

Nationalgeographic Ayam. (2017). Berevolusi Mengiringi Peradaban Manusia. http://nationalgeographic.grid.id/read/13296278/ayam-berevolusi-mengiringi-peradaban-manusia?page=all diakses 10 September 2017, diakses 9 September 2017.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com