MODEL EDUKASI BERDASARKAN SEGMENTASI KONSUMEN UNTUK MEMBANGUN MINAT MASYARAKAT PADA PERBANKAN SYARIAH

Bambang Waluyo, Sylvia Rozza, Sujarwo Sujarwo

Abstract


Pemahaman masyarakat yang rendah terhadap perbankan syariah menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan perbankan syariah di Indonesia. Tujuan penelitian mengetahui variasi pelaku segmentasi konsumen dengan memperhatikan aspek-aspek kognitif, sosial, emosional, fisik, estetika dan spiritual. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian terdahulu menemukan lima segmen konsumen yaitu syariah loyalis, obligatory, follower, functional benefit, dan essentially conventional. Ranking pemahaman terhadap perbankan syariah berdasarkan urutan dari yang paling paham hingga yang paling tidak paham adalah syariah loyalis, obligatory, follower, functional benefit dan essentially conventional. Dasar yang dapat digunakan dalam edukasi perbankan syariah adalah : (1). edukasi perbankan syariah masih sangat diperlukan, (2). Edukasi perbankan syariah perlu dimasukkan dalam kurikulum sekolah, (3). Informasi tentang bank syariah dapat disampaikan melalui iklan pada berbagai media, dan (4). Segmen essentially conventional perlu diberi edukasi baik tentang produk maupun tentang perbankan syariah itu sendiri. Kerjasama diantara para stakeholders sangat diperlukan dalam edukasi perbankan syariah. Evaluasi keberhasilan edukasi dapat dilihat dari meningkatnya awareness segmen essentially conventional pada perbankan syariah.

 


Keywords


model edukasi; segmentasi konsumen; minat masyarakat; perbankan syariah

Full Text:

PDF

References


Bachro, A. & Supriyatni, R. (2010). Pembiayaan Bagi Hasil dalam Pembiayaan Syariah yang Berkeadilan Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Bank Syariah, Sosiohumaniora, 12, (3), 250-269.

Bank Indonesia. (2007) (1). Cetak Biru Edukasi Masyarakat di Bidang Perbankan, Jakarta : Bank Indonesia.

_____________. (2007) (2). Kebijakan Akselerasi Pengembangan Perbankan Syariah 2007-2008, Jakarta : Bank Indonesia.

_____________. (2012). Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Kajian Model Bisnis Perbankan Syariah, Jakarta : Bank Indonesia.

_____________. (2013). Grand Strategi Pengembangan Pasar Perbankan Syariah dalam www.bi.go.id, diunduh 20 April 2013.

Daniar, A. & Syam, N.W. (2012). Konstruksi Makna Bank Konvensional Bagi Umat Islam, Sosiohumaniora, 14, (2), 104-115.

Hirsanuddin, (2005). Kemitraan Usaha Dalam Bisnis (Studi Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Pembiyaan Bisnis dengan Prinsip Mudharabah di Perbankan Syariah, Disertasi, Program Pascasarjana Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.

http://ekonomisyariah.info/blog/2013/04/22/industri_perbankan_syariah_gelar-expo_ib_vaganza/Industri. Perbankan Syariah Gelar Expo iB Vaganza, diakses 1 Juni 2013.

https://www.bi.go.id/id/ekonomi-dan-keuangan-syariah/Cetak-Biru/Contents/default.aspx. Cetak Biru Pengembangan, diakses 4 Mei 2018.

http://republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/17/12/15/p0zzu2382-ojk-minat-masyarakat-terhadap-perbankan-syariah-meningkat, diakses 5 Mei 2018.

Rahmad. (2015). Peningkatan Efektifitas Sosialisasi Bank Syariah dalam http://rahmadpenelitimuda.blogspot.com/2012/06/peningkatan-efektifitas-sosialisasi.html diakses 17 April 2015.

Retallick, M.S. & Miller, G. (2010). Teacher Preparation in Career and Technical Education: A Model for Developing and Researching Early Field Experiences. Journal of Career and Technical Education, 25, (1), 25-46.

Otoritas Jasa Keuangan. (2014). Surat Edaran OJK Nomor 1/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan Kepada Konsumen dan/atau Masyarakat.

Setkab Republik Indonesia. (2013). Sambutan Presiden Republik Indonesia pada Pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah (GRES!), dalam http://www.setkab.go.id/pidato-11093-sambutan-presiden-republik-indonesia-pada-pencanangan-gerakan-ekonomi-syariah-gres-jakarta-17-november-2013.html, diakses 18 Nopember 2013

Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kom-petensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, B. & Ansori. 2010. Persepsi dan Sikap Masyarakat Kampus Terhadap Bank Syariah, Studi Kasus pada Civitas Akademika Universitas Indonesia dan Politeknik Negeri Jakarta, Hasil Penelitian, UP2M Politeknik Negeri Jakarta

Waluyo, B & Ekowati, L. (2008). Pengaruh Laporan Keuangan Bank Syariah Terhadap Perilaku Pembacanya (Studi Kasus Pada Civitas Akademika Politeknik Negeri Jakarta), Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7, (1), 19-30.

Waluyo, B. dan Sujarwo. (2013). Sosialisasi dan Edukasi Publik Perbankan Syariah di Indonesia. Account: Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 1, (1), 40-49

Waluyo, B. & Waluyo, Y.S. (2013). Persepsi Masyarakat Kampus Terhadap Stigma Perbankan Syariah (Studi Pada Politeknik Negeri Jakarta dan Univer-sitas Indonesia), Perspektif, Jurnal Manajemen dan Keuangan Bisnis, 1, (l), 323-335.

Winandar, R. (2011). Evaluasi Strategi Bank Indonesia Dalam Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia. Tesis. Program Studi Magister Mana-jemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com