UPAYA DISASTER DIPLOMACY PEMERINTAH INDONESIA DI KONFLIK ACEH TAHUN 2005

Arfin Sudirman, Naura Nabila Haryanto

Abstract


Bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2004 merupakan salah satu bencana alam terbesar yang terjadi di Indonesia. Selain itu, Aceh juga merupakan zona konflik yang dibatasi akses dengan komunitas internasional. Sejak tahun 1976 sampai tahun 2004, Aceh berfokus pada konflik berkepanjangan akibat usaha Pemerintah Indonesia dalam meredam perjuangan gerakan separatisme GAM. Namun, peristiwa bencana alam gempa bumi dan tsunami merupakan momentum titik balik konflik RI dengan GAM ke arah negosasi dan perdamaian yang menghasilkan Perjanjian Helsinski tahun 2005. Dengan menggunakan pendekatan Disaster Diplomacy dan metode kualitatif deskriptif analitis, artikel ini bertujuan untuk memahami upaya Pemerintah Indonesia memanfaatkan momentum bencana alam untuk mencapai perdamaian dengan GAM. Artikel ini menyimpulkan bahwasanya hambatan terhadap upaya diplomasi perdamaian di Aceh yang selama ini terjadi dapat dihilangkan akibat dampak destruktif bencana gempa bumi dan tsunami. Bencana ini membawa konflik mencapai titik jenuh hingga GAM tidak lagi memiliki posisi tawar yang kuat untuk memberontak kepada Pemerintah Indonesia. Sementara Pemerintah Indonesia pun sadar bahwa momentum ini dapat ‘dimanfaatkan’ untuk menyelesaikan konflik yang berlarut-larut.

 


Keywords


Pemerintah Indonesia; disaster diplomacy; GAM; dan tsunami Aceh.

Full Text:

PDF

References


Amnesty International. (1993). Shock Therapy: Restoring Order in Aceh. Amnesty International.

Arifin, B. (2017) Interview by Naura Nabila Haryanto. Situasi Konflik antara Pemerintah Indonesia dengan GAM (Mei 12, 2017).

Aspinall, E. & Crouch, H. (2003) The Aceh Peace Process: Why It Failed. Washington DC.: East-West Center.

Awaluddin, H. (2008) Damai di Aceh: Catatan Perdamaian RI - GAM di Helsinki . Center for Stategic and International Studies (CSIS).

Bull, H. (2002). The Anarchical Society: A Study of Order in World Politics . 3rd edition . New York: Palgrave.

Centre for Humanitarian Dialogue. About. 2005. https://www.hdcentre.org/who-we-are/about/ (accessed Desember 12, 2016).

CNN. Aceh: A Timeline of Insurgency. May 19, 2003. http://edition.cnn.com/2003/WORLD/asiapcf/southeast/05/19/aceh.timeline/ (accessed May 18, 2017).

Flint, M. & Goyder, H. (2006). Funding the Tsunami Response. Tsunami Evaluation Coalition.

Gorman, D. & Kivimäki, T. (2008). Non-Governmental Actors in Peace Process: The Case of Aceh. Jenewa: The Centre for Humanitarian Dialogue.

Gorman, D. & Kivimäki, T. (2008). Non-Governmental Actors in Peace Processes: The Case of Aceh. Case Study, Geneva: TheCentre for Humanitarian Dialogue.

Human Rights Watch. (1990). Indonesia: Human Rights Abuses in Aceh. Human Rights Watch.

Kelman, I. (2003). Beyond Disaster, Beyond Diplomacy. In Natural Disasters and Development in a Globalizing World , by Mark Pelling, edited by Mark Pelling. New York : Routledge.

Kelman, I. (2016). Catastrophe and Conflict: Disaster Diplomacy and Its Foreign Policy Implications. Diplomacy and Foreign Policy, 1, (1), 1-2.

—. (2012). Disaster Diplomacy: How Disasters Affect Peace and Conflict. New York : Routledge.

Kweifio-Okai, Carla. (2016). Where Did the Indian Ocean Tsunami Aid Money Go?. Desember 25, 2014. https://www.theguardian.com/global-development/2014/dec/25/where-did-indian-ocean-tsunami-aid-money-go (accessed Januari 17, 2016).

Masyrafah, H. & Jock MJA McKeon. (2006). Post-Tsunami Aid Effectiveness in Aceh. Wolfensohn Center for Development.

Masyrafah, H. & Jock MJA McKeon. (2008). Post-Tsunami Aid Effectiveness in Aceh: Proliferation and Coordination in Reconstruction. Wolfensohn Center for Development, Brookings Global Economy and Development.

Patria, N. & Wandi, A. (2015). “The Rebels, the State and the People: Inclusivity in the Aceh Peace Process.” Inclusive Political Statements Paper.

Staf Operasi Markas Besar TNI. (2004) COHA, Suatu Penyelesaian Konflik di Aceh. Jakarta: Markas Besar TNI.

Stake, R.E. (2010) Qualitative Research: Studying How Things Work. The Guilford Press.

Sudirman, A. & Cahya, P.A. (2018). Disaster Diplomacy as an Alternative Approach for Indonesia’s Instrument of Foreign Policy in ASEAN. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 14, (1), 9.

Sulaeman, M. (2010). Dasar-dasar Konflik dan Model Resolusi Konflik pada Masyarakat Desa Pantura Jabar. Sosiohumaniora, 12, (2), 178

The Parliament of the Commonwealth of Australia. Australia’s Response to the Indian Ocean Tsunami. Joint Standing Committee on Foreign Affairs, Defence and Trade of Australia, Canberra: Commonwealth of Australia, 2006.

Yani, M.Y. (2009). Change and Continuity in Indonesian Foreign Policy. Sosiohumaniora, 11, (1), 12

Yudhoyono, S.B. (2005). Rebuilding Aceh. In Transforming Indonesia: Selected International Speeches, by Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, edited by Dino Patti Djalal. Jakarta: PT Gramedia .

Yudhoyono, S.B. (2001). interview by Kantor Menko Polsoskam. Aceh Perlu Keadilan, Kesejahteraan, dan Keamanan.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.15586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com