KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KOMODITAS LOKAL BERBASIS KOMUNITAS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA (Studi Kasus FruitsUp, UMKM di Jatinangor)

Santi Susanti, Dwi Purnomo, Wahyu Gunawan, Diana Sari

Abstract


ruitsUp merupakan salah satu produk UMKM Unpad yang berhasil melakukan diversifikasi produk olahan mangga menjadi puree buah. Pengembangan bisnis melalui Fruters Model mampu menjadikan bisnis FruitsUp yang dimulai dari skala kecil berjalan selama tiga tahun dan berkembang cukup baik dari sisi asset maupun kekayaan sumber daya manusianya. Meski demikian, pengembangan masih dilakukan FruitsUp, salah satunya perluasan pemasaran, agar produk dapat menjangkau lebih banyak target pasar sehingga skala penjualan dan skala produksi meningkat. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran FruitsUp dalam menjangkau target pasar lebih luas melalui media massa dan media jejaring sosial. Hasil penelitian menunjukkan, televisi, radio, surat kabar dan media sosial dijadikan saluran komunikasi untuk mengenalkan FrutsUp secara luas kepada masyarakat. Perancangan dan penyampaian pesan disesuaikan dengan media yang digunakan. Melalui media massa dan jejaring sosial, diharapkan selain dikenal luas, FuitsUp dapat memberikan nilai tambah baik dari sisi pemasaran produk, maupun dari sisi peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

 


Keywords


FruitsUp; Fruters Model; komunikasi pemasaran; media; nilai tambah

Full Text:

PDF

References


Deliana, Y., Fatimah, S. & Charina, A. (2014). Persepsi dan Perilaku Produsen dan Konsumen terhadap Label Asal Daerah pada Mangga Gedong Gincu. Sosiohumaniora, 16, (1), 70-76

Hendri, M. (2009). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultra Rasa Melati oleh Remaja di Kota Bandung. The 3rd National Conference on Management System, Bandung, 5 November 2009. Bandung: Universitas Widyatama.

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1272/content.pdf? sequence=103092017. diakses: 09 September 2017. 18.30 WIB

Mulyana, D. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayogo, A.. (2015). Komunikasi Pemasaran Usaha Kuliner dalam Menghadapi Persaingan (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pema-saran “Gerobak Cokelat” dalam Menghadapi Persaingan di Kota Solo).

http://www.jurnalkommas.com/docs/JURNAL%20KOMUNIKASI%20AKBAR%20PRAYOGO%20D0210007.pdf. Diakses 3 September 2017. 18.20.

Purnomo, D., Gunawan, W., Sari, D. & Susanti, S. (2017). Hilirisasi Model Pemberdayaan “The Fruters Model” Melalui Produk Turunan Puree Mangga Merek FruitsUp. Laporan Riset Hilirisasi Produk Unggulan (RHPU). Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Riyanto, E. dan Triono, A. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Sekolah Dasar Islam Terpadu di Karanganyar. Komuniti, IX, (1), 44-62. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.4183.

Tsikirayi, C. M. R., Muchenje, B. & Katsidzira, Z. (2013). Impact of integrated marketing communications mix (IMCM) in small to medium enterprises (SMEs) in Zimbabwe as a marketing tool. Research in Business and Economics Journal, 7, (Imcm), 1–12. Retrieved from: http://search.proquest.com/w/1460230826?accountid=14495%5Cnhttp://diana.uca.es:4550/resserv?genre=article&issn=&title=Research+in+Business+and+Economics+Journal&volume=7&issue=&date=2013-02-01&atitle=Impact+of+integrated+ marketing+communications+mix

Yin, R. K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

http://www.fruitsup.co.id

https://www.instagram.com/explore/tags/fruitsup

https://www.facebook.com/fruitsupfresh

http://www.unpad.ac.id/2014/11/kembangkan-sociopreneurship-dosen-ini-dorong-mahasiswa-dan-masyarakat-berwirausaha. Diakses 6 September 2018




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.15590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com