KAJIAN POTENSI DAN KENDALA DALAM PROSES USAHATANI DAN PEMASARAN MANGGA DI KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Mangga merupakan salah satu buah favorit yang selalu dicari oleh konsumen namun sulit didapatkan di pasar. Padahal, respon konsumen terhadap buah mangga adalah peluang bisnis yang dapat dimaksimalkan oleh petani mangga terutama di Kabupaten Indramayu sebagai sentra produksi mangga terbesar di Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik proses usahatani dan pemasaran mangga di Kabupaten Indramayu dan juga menjelaskan kendala dan potensi dalam memenuhi ketersediaan mangga sepanjang tahun. Survey dilakukan di Kabupaten Indramayu sebagai salah satu sentra produksi mangga di Jawa Barat terhadap 130 petani yang dipilih menggunakan teknik sampling acak sederhana. Data dianalisis menggunakan alat analisis kuantitatif descriptive statistics analysis dan Chi-Square yang dipadukan dengan analisis data kualitatif berupa wawancara dengan para responden. Penelitian ini menemukan bahwa proporsi petani yang penguasaan pohon mangganya terbatas adalah 56% sedangkan sisanya 44% adalah petani mangga yang jumlah pohonnya lebih banyak. Petani yang kepemilikan pohon mangganya terbatas cenderung mengusahakan mangga dengan seadanya, sebaliknya petani yang jumlah penguasaan pohonnya besar cenderung lebih serius dan intensif baik dalam proses usahatani mangga maupun dalam segi pemasaran mangganya. Potensi yg dapat menjadi modal pengembangan usahatani mangga dan pemasaran mangga adalah pengalaman bertani mangga dan kemudahan pinjaman modal, terutama dari perbankan, sehingga sangat berpotensi bagi para petani untuk dapat meningkatkan meningkatkan kontinuitas produktvitas dan kualitas mangganya. Sedangkan kendala yang terjadi adalah akses pinjaman modal untuk petani kecil yang relatif masih sulit, faktor curah hujan yang tinggi, biaya pemeliharaan yang semakin mahal, dan masih terbatasnya industri pengolahan mangga di Indramayu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J.W. & Clark, V.L.P. (2008). Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.
Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat. (2016). Produksi Buah Mangga. Jawa Barat.
Hartanto. (1984). Petani Kecil dan Karakteristiknya. Jakarta: CV. Yasaguna
Khaswarina, S. (2017). Faktor Dominan Yang Mem-pengaruhi Ekonomi Rumah Tangga Petani Karet Di Desa Koto Damai Kabupaten Kampar. Sosiohumaniora, 19, (3), 199-205
Natawidjaja, R.S., Rum, I.A., Sulistyowati, L., & Saidah, Z. (2014). Improving The Participation Of Smallholder Mango Farmers In Modern Retail Channels In Indonesia. The International Review of Retail, Distribution And Consumer Research, 24, (5), 564-580.
Ramadhani, W. & Rasmikayati, E. (2017). Pemilihan Pasar Petani Mangga Serta Dinamika Agribisnisnya Di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3, (2), 185-205.
Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mampu Mendorong Petani Mangga Untuk Meningkatkan Perilaku Agribisnisnya Pada Era Globalisasi. Paradigma Agribisnis, 1, (1), 1-13.
Rasmikayati, E. & Saefudin, B.R. (2018). Confirmatory Factor Analysis: Faktor-Faktor Penentu Agribisnis Mangga Di Kabupaten Majalengka Berdasarkan Penguasaan Lahannya. Jurnal Agribisnis Terpadu, 4, (1).
Rasmikayati, E., Sulistyowati, L., & Saefudin, B. R. (2017). Risiko Produksi Dan Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Mangga: Kelompok Mana Yang Paling Berisiko. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3, (2), 105-116.
Safe’i, R., Febryano, I.G., & Aminah, L.N. (2018). Pengaruh Keberadaan Gapoktan Terhadap Pen-dapatan Petani Dan Perubahan Tutupan Lahan Di Hutan Kemasyarakatan. Sosiohumaniora, 20, (2), 109-114.
Statistik, B.P. (2015). Jawa Barat Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (Pada 10 Juli 2018).
Statistik, B.P. (2017). Jawa Barat Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Diambil dari https://www.bps.go.id.
Sulistyowati, L., Natawidjaja, R. & Saidah, Z. (2013). Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempenaruhi Keputusan Petani Mangga Terlibat Dalam Sistem Informal Dengan Pedagang Pengumpul. Sosiohumaniora. 15, (3), 285-293.
Sulistyowati, L. & Natawidjaja, R. (2016). Commer-cialization Determinant Of Mango Farmers In West Java-Indonesia. Ijaber, 11, (11), 7537-7557.
DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.15859
Refbacks
- —
- —
- —
- —
- KAJIAN POTENSI DAN KENDALA DALAM PROSES USAHATANI DAN PEMASARAN MANGGA DI KABUPATEN INDRAMAYU
Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sosiohumaniora Indexed By:
Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran
Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363
Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com