IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN RUMAH LAYAK HUNI DENGAN PENDEKATAN HIBRIDA DI KABUPATEN SUPIORI PROVINSI PAPUA
Abstract
Kebijakan pembangunan perumahan menjadi instrumen pemerintah untuk melakukan intervensi pembangunan di daerah. Namun pembangunan rumah layak huni (RLH) dapat dijadikan sebagai sarana pemberdayaan masyarakat. Implementasi kebijakan pembangunan RLH perlu mempertimbangkan pendekatan kombinasi, yaitu pendekatan atas-bawah (top-down) dan pendekatan bawah-atas (bottom-up), yang dikenal sebagai pendekatan hibrida. Paper ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembangunan RLH dengan pendekatan hibrida di Kabupaten Supiori dengan memperhatikan partisipasi masyarakat lokal dalam implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan pemerintah daerah, pemangku kepentingan maupun masyarakat penerima dana bantuan sosial RLH, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan RLH di Kabupaten Supiori telah dimulai sejak tahun 2012 dengan orientasi utama pemberdayaan masyarakat berpendapatan rendah. Pembangunan RLH ini dibiayai dengan dana bantuan sosial atau dikenal sebagai Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari dana Otonomi Khusus. Perpaduan antara peran Pemerintah Kabupaten Supiori serta Kepala Distrik dan Kepala Kampung, dan peran masyarakat benar-benar sudah terlihat, yang merefleksikan pendekatan hibrida dalam implementasi pembangunan RLH. Masyarakat berpartisipasi aktif melalui tiga bentuk partisipasi, yaitu keterlibatan dalam sosialisasi dan musyawarah kampung, penyediaan material dan tenaga kerja lokal, serta manajemen konflik sosial akibat adanya kesan diskriminasi dalam penentuan prioritas penerima dana bantuan sosial pembangunan RLH. Dengan prosedur operasi standar yang dibuat, maka sulit bagi pemerintah daerah untuk berlaku dominan dalam intervensi masyarakat. Sebaliknya, prosedur operasi standar yang ada memungkinkan masyarakat berpartisipasi maupun mendampingi otoritas pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan RLH di masing-masing kampung prioritas.
Implentasi Kebijakan Pembangunan; Rumah Layak Huni; Pendekatan Hibrida.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daraba, H.D. (2017). Pengaruh program dana desa terhadap tingkat partisipasi masyarakat di Keca-matan Galesong Utara Kabupaten Takalar, Sosiohumaniora, 19, (1), 52-58
Elmore, R.F. (1978). Organizational models of sosial program implementation, Public Policy, 26, (2), 185–228.
Festus, & Amos, (2015). Housing Policy in Nigeria: An Overview, American International Journal of Contemporary Research, 5, (2).
Goggin, M.L., Bowman A.O., Lester J.P., & O’Toole, L.J. (1990), Implementing Theory and Practice, England: Scott, Foresman and Company.
Lane, J.E. (1987). Implementation, accountability and trust, European Journal of Political Research, 15, (5), 527–46.
Mazmanian, D.A. & Sabatier, P.A. (1983) Implemen-tation and Public Policy.Glenview, Ill.: Scott, Foresman.
Miles, B.M. & Huberman, A.M. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Monkkonen, P. (2013). Urban land-use regulations and housing markets in developing countries: Evidence from Indonesia on the importance of enforcement. Land Use Policy, 34, 255-264.
Parsons, W. (1995). Public Policy. Aldershot: Edward Elgar.
Redjo, S.I. (2009), Transformasi Manajemen Pemerin-tahan: Kasus Di Pemerintah Kota Bandung, Sosiohumaniora, 11, (3), 25-35.
Sabatier, P.A. (1986) Top-down and bottom-up approaches to implementation research: A critical analysis and suggested synthesis, Journal of Public Policy, 6, (1), 21-48.
Sumule, A. (2003). Mencari Jalan Tengah Otonomi Khusus Provinsi Papua. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.18489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sosiohumaniora Indexed By:
Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran
Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363
Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com