PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM INDUSTRI KREATIF MAKANAN, MINUMAN MELALUI E-COMMERCE DI KOTA BANDUNG
Abstract
Penelitian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-commerce dapat meningkatkan volume penjualan pada UMKM Industri kreatif makanan minuman. Pertumbuhan aktivitas jual beli melaui online atau e-commerce di Indonesia dan di Kota Bandung pada khusunya saat ini semakin meningkat sebagai dampak kemajuan teknologi komunikasi. Salah satu jenis usaha yang saat ini cenderung mengalami peningkatan penggunaan internet sebagai sarana promosi dan transaksinya adalah usaha industri kreatif makanan dan minuman. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, Jenis data adalah data kuantitatif yang berasal dari sumber data yang bersifat primer melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Dilakukan pula telaah dokumen dari instansi terkait, jurnal, buku dan searching melalui internet sebagai data sekunder. Populasi penelitian adalah UMKM industri kreatif makanan dan minuman yang menggunakan e-commerce yang diambil sampelnya sebanyak 85 responden melalui teknik purpossive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana, dari hasil analisis diketahui bahwa tanpa kehadiran e-commerce volume pejualan memiliki nilai 0.583 dan setiap kenaikan kinerja e-commerce sebesar 1(satu) satuan akan menaikkan volume penjualan sebesar 1.394 satuan. Berdasarkan analisis koefisien korelasi diketahui e-commerce dan volume penjualan memiliki hubungan dengan kategori kuat yang ditunjukkan oleh nilai R sebesar 0.733. Sedangkan hasil analisis Koefisien Determinasi diperoleh hasil nilai R square sebesar 0.537 atau 53.7% sehingga dapat dikatakan e-commerce mempengaruhi volume penjualan sebesar 53.7%, sedangkan 46.3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan Uji T diperoleh hasil t hitung sebesar 9.814 dengan tingkat sig 0.00 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa volume penjualan dipengaruhi secara signifikan oleh e-commerce.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
bebe, M. (2014). Electronic Commerce Adoption, Entrepreneurial Orientation and Small- and Medium-Sized Enterprise (SME) Performance. Journal of Small Business and Enterprise Development 21, (1),100–116.
Desy, Si, Https://katadata. co. id/berita/2018/08/31/mckinsey-pasar-e-commerce-ri-melonjak-jadi-r. 910-triliun-pada-2022 Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “McKinsey: Pasar E-Commerce RI Melonjak Jadi Rp 910 Triliun pada 2022,” Penulis: Desy Setyowati, and Editor: Pingit Aria. 2019. “McKinsey: Pasar E-Commerce RI Melonjak Jadi Rp 910 Triliun Pada 2022 | Katadata News.” Kata Data. Retrieved (https://katadata.co.id/berita/2018/08/31/mckinsey-pasar-e-commerce-ri-melonjak-jadi-rp-910-triliun-pada-2022).
Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 3, (2):237.
Jahanshahi, A.A, Zhang, S.X. & Brem, A. (2013). E-Commerce for SMEs: Empirical Insights from Three Countries. Journal of Small Business and Enterprise Development 20, (4), 849–65.
Kasmi, & Nurdian, A.C. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara 15, (2), 109–16.
Kementerian Perindustrian. (2019). Jadi Prioritas, Daya Saing Industri Makanan Dan Minuman Dipacu. Berita Industri. Retrieved (https://kemenperin.go.id/artikel/21212/Jadi-Prioritas,-Daya-Saing-Industri-Makanan-dan-Minuman-Dipacu).
Kementerian Sekretaris Negara. (2019). Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.
Kota Bandung, Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Rumah Makan Restoran per Kecamatan Di Kota Bandung. BPS Kota Bandung. Retrieved (https://bandungkota.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html#subjekViewTab4).
Maryama, S. (2018). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Liquidity 2, (1), 73–79.
Nayati, U.H, Astuti, E.S., Ramadhan, H.M., Trialih, R. & Aprilian, Y.A. (2019). The Interests of Small- and Medium-Sized Enterprises (SMEs) Actor in Using Mobile Commerce in Effort to Expand Business Network. Journal of Science and Technology Policy Management 10, (3), 493–508.
Paryadi, D. (2018). Pengawasan E Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan 48, (3):652.
Poluan., Firna M. A., Silvya, L.M, & Imelda W.J. O. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero) Marketing Mix Strategy in Increasing Sales Volume ( Study on Alvero Instant Health Drinks ). Jurnal EMBA 7, (3), 2969–78.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 11, (2), 46–53.
Rochmawaty, V. (2013). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Pusat Koperasi Polisi Daerah Jawa Barat (PUSKOPPOLDA Jabar) Universitas Pendidikan Indonesia. 41–53.
Sumarsid, & Paryanti, A.B. (2019). Analisa Promosi Penjualan Dan Periklanan Terhadap Hasil Penjualan Air Mineral. Journal of Applied Business and Economics (JABE) 6, (1), 1–14.
Suprapto, H.A. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan E-Commerce Terhadap Tingkatpenjualan Pada Usaha Jack Donut Di Curug Tanah Baru Depok. JABE (Journal of Applied Business and Economic) 2, (4), 345–54.
Surya, S., Ruliana, R. & Soetama, D.R. (2017). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. Akuntabilitas 10, (2), 313–32.
Tribun Jabar. (2019). Hasil Riset Universitas Indonesia, Bandung Alami Peningkatan Omzet UMKM Kuliner.
Utoyo, S., & Sutarsih, T. (2017). Profil Usaha/Perusahaan 16 Subsektor EKRAF Berdasarkan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016). edited by M. Wardhini, E. Sari, and T. Sudjono. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Widharta, W.P. & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2, (1), 1–15.
Widiana, M.E. (2014). Kajian Teknologi E-Commerce Pada UKM Di Jawa Timur. Surabaya, Jawa Timur: UBHARA Manajemen Press.
DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sosiohumaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sosiohumaniora Indexed By:
Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran
Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363
Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com