APLIKASI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PERFORMANSI WASERDA KOPERASI UNIT DESA (KUD)

Sri Djatnika S. Ariffin, Poppy Rufaida, Hilmiana -

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui
aplikasi/pelaksanaan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan
performansi/kinerja waserda Koperasi Unit Desa (KUD) Mitrayasa, Kecamatan
Pegerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Disamping itu, faktor-faktor apa yang
dapat mendorong maupun menghambat pelaksanaan strategi bauran pemasaran
tersebut, serta bagaimana aplikasi yang sebaiknya dilakukan oleh waserda KUD
Mitrayasa, Pegerageung, Tasikmalaya untuk meningkatkan performansinya, juga
turut dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode survey yang kemudian
dianalisis secara verifikatif, karena menggambarkan secara struktural, faktual dan
akurat, fakta dari variabel yang diteliti. Selanjutnya dianalisis secara statistik
untuk menguji hipotesis data yang telah ditetapkan, sehingga kemudian dapat
ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategii
bauran pemasaran yang selama ini dilakukan oleh Waserda Koperasii Unit Desa
(KUD) Mitrayasa Pegerageung, Tasikmalaya, sudah cukup baik, sesuai dengan
kemampuan swadaya Unit Usaha Waserda KUD Mitrayasa, Pegerageung,
Tasikmalaya. Namun karena pada dasarnya KUD pun merupakan “price taker”
dan belum terbentuknya hubungan kontraktual antara KUD dengan anggotanya,
maka belum semua anggota Koperasi menjadi pelanggan utama dan setia bagi
Waserda KUD Mitrayasa. Hal ini mengakibatkan belum optimalnya tingkat
penjualan sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya di Waserda. Adapun
faktor-faktor yang dirasakan sangat mendorong pelaksanaan bauran pemasaran
adalah karena terdapatnya beberapa pesaing lain dalam usaha sejenis yang
sangat potensial, sehingga mendorong Waserda KUD Mitrayasa untuk melakukan
usaha secara efektif dan efisien. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan masih
menghambat pelaksanaan bauran pemasaran Waserda KUD Mitrayasa, adalah
karena terbatasnya anggaran untuk melakukan promosi, akibat terkonsetrasinya
dana Koperasi untuk lebih memprioritaskan pembangunan pabrik pengemasan
susu, setelah dijalinnya kerjasama yang dilakukan antara KUD Mitrayasa
Pegerageung, Tasikmalaya dengan Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS).
Kata Kunci : Bauran pemasaran, kiprah, penentu harga, hubungan kontrak antara Koperasi dan
anggotanya.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v3i2.5206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2001 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com