MODEL PENGEMBANGAN KELOMPOK BELAJAR USAHA BERBASIS UNIT USAHA KECIL

Oong Komar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang pada umumnya belum menunjukkan pemberdayaan dan kemandirian warga belajarnya. Lulusannya belum mampu mengembangkan sendiri cara-cara belajar, bekerja dan berusaha. Hal ini disebabkan oleh konsep KBU tidak menggunakan pembelajaran yang berpusat pada warga belajar (student centered). Bagaimanakah model konsepsional KBU yang patut direkomendasikan di masa mendatang? Deangan KBU yang menggunakan konsep belajar berpusat pada warga belajar, kurikulum dan proses pembelajarannya secara niscaya (significant) menumbuhkan budaya dalam belajar, bekerja dan berusaha, sehingga warga belajarnya secara bertahap menuju ke arah kemandirian. Kata kunci : KBU, proses pembelajaran, kemandirian, kreativitas, pemberdayaan dan kebutuhan.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v6i2.5312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2004 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com