FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA BANDUNG

Bambang Hermanto

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada keinginan untuk mengetahui
pencapaian pendapatan pajak hotel dan restoran di Kota Bandung. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan
data studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan
kuesioner. Sampel responden diambil secara purposive populasi dari unit kerja /
instansi yang bersangkutan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pencapaian
pendapatan pajak hotel dan restoran di Kota Bandung belum memenuhi harapan
yang disebabkan belum dilaksanakannya fungsi Sistem Informasi Manajemen
secara efektif. Beberapa fungsi yang belum efektif ialah ; pengumpulan dan
pengolahan data, penyiapan informasi bagi manajemen dan koordinasi dalam
pengolahan data.
Kata kunci : Fungsi Sistem Informasi Manajemen, Pajak Hotel dan Restoran



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v7i1.5329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2005 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com