STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KOMERSIALISASI HASIL RISET IPTEK

Engkus Kuswarno

Abstract


Tema kajian ini adalah bagaimana produk iptek hasil riset dapat
dijadikan komoditas yang komersial dan laku dijual. Cara memasarkan produk
iptek biasanya secara konvensional melalui seminar dan publikasi. Untuk
Memasarkan (mengkomersialkan) ciptaan iptek itu tampaknya perlu strategi lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan survey deskriptif dan pengumpulan data
memalui Focus Group Discussion (FGD). Hasilnya ditemukan bahwa riset untuk
penerapan atau aplikasi lebih berpotensi komersial dibandingkan dengan riset
untuk pengembangan ilmu. Terdapat dua strategi untuk promosi hasil riset agar
berhasil secara komersial, yaitu pendekatan komunikasi pemasaran, melalui
bauran promosi atau bauran komunikasi, dan pendekatan inovasi, melaui difusi
inovasi. Agar secara komersial menguntungkan, maka peranan jaringan institusi
sumber hasil riset iptek (inventor) dengan institusi penguasa hasil riset tersebut
(misalnya masyarakat industri dan investor) sangat diperlukan, terutama untuk
pemasyarakatan hasil riset dalam jumlah besar atau produksi missal.
Kata kunci: Promosi, Komersialisasi, Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi, Komunikasi Inovasi, Difusi Inovasi.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v8i2.5369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2006 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com