EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

H. Sholeh Hidayat

Abstract


Menyadari betapa pentingnya pendidikan IPA, telah banyak dilakukan
upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA di sekolah melalui penyempurnaan
kurikulum yang terus dilakukan, peningkatan kualitas guru mata pelajaran,
penyediaan dan pembaharuan buku ajar, penyediaan dan perlengkapan alat-alat
pelajaran seperti laboratorium, kit sain, pembaharuan strategi dan pendekatan
pembelajaran yang lebih relevan dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran
IPA, dan usaha lain yang ditempuh untuk memperbaiki pencapaian hasil belajar
IPA siswa di sekolah. Namun demikian sampai sejauh ini pencapaian hasil belajar
IPA di sekolah secara umum dapat dinyatakan masih belum sesuai dengan
harapan. Hal itu, dapat dilihat dari masih sulitnya siswa untuk mencapai nilai
tertinggi dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
pengaruh strategi pembelajaran, motivasi belajar dan interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini
dilaksanakan pada dua kelas Sekolah dasar di Pandeglang dengan 56 orang siswa
sebagai sampel. Pengumpulan dan pengolahan data dengan menggunakan metode
eksperimen rancangan faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Hasil belajar IPA Siswa SD dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif
lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar IPA siswa
yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dan memiliki motivasi belajar
tinggi lebih tinggi dari pada belajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (3)
Hasil belajar IPA bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang belajar
dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih rendah daripada siswa yang belajar
dengan strategi pembelajaran ekspositori dan (4) Terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Motivasi belajar, Hasil Belajar IPA



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v10i1.5392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com