ANALISIS KEBERLANJUTAN PASAR TRADISIONAL DALAM IKLIM PERSAINGAN USAHA YANG DINAMIS DI KOTA BANDUNG

Rina Indiastuti, Fitri Hastuti, Yudi Azis

Abstract


Lingkungan persaingan yang dinamis antara pasar tradisional dan
modern mengakibatkan posisi pasar tradisional mengalami pergeseran dengan
dugaan terjadinya penurunan daya tarik pasar tradisional seiring dengan
perubahan dinamis pasar modern yang disesuaikan dengan kondisi pembeli.
Revitalisasi beberapa pasar tradisional yang telah dilakukan di Kota
Bandungmelalui renovasi bangunan ternyata belum cukup untuk meningkatkan
daya tarik. Studi ini bermaksud mengkaji peluang keberlanjutan pasar tradisional
dengan meneliti faktor signifikan yang menjadi keunggulan pasar tradisional agar
dapat tumbuh berkelanjutan. Metode penelitian menggabungkan penelitian
deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif menggunakan skoring yang diperoleh
dari aplikasi the law of comparative judgment (LCJ). Karakteristik responden
mewakili lokasi, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan ukuran keluarga.
Informasi dari pedagang yang mewakili pasar tradisional, pasar modern dan
pedagang informal juga dikumpulkan sebagai data melengkapi data pembeli.
Perilaku pembelian dan penjualan barang terbatas untuk bahan pangan,
makanan/minuman jadi, dan toileteries. Penelitian verifikatif menggunakan metode
analisis correspondence analysis (CA) dan analisis diskriminan. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa pasar tradisional masih memiliki peluang berkembang
berdampingan dengan pasar modern (co-exist), karena harga jual masih bersaing
relatif dibandingkan harga pasar modern dan masih dimilikinya segmen pembeli
yang mempertimbangan ketersediaan anggaran belanja untuk memperoleh
kepuasan maksimum. Kelompok pembeli tersebut merupakan segmen cukup besar
meliputi pembeli berpendapatan rendah, pedagang keliling, usaha olahan
makanan, dan warung. Peranan pemerintah daerah sebagai pemilik, baru
memposisikan pasar tradisional sebagai potensi sumber pendapatan asli daerah
(PAD), namun belum menyertainya dengan pengelolaan pasar yang profesional,
sehingga daya saing pasar tradisional dipersepsikan menurun menghadapi
ancaman meningkatnya daya tarik pasar modern.
Kata kunci: keberlanjutan usaha, pasar tradisional, pasar modern, persaingan, perilaku konsumen



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v10i2.5394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com