ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PUBLIK PENGELOLA PASAR TRADISIONAL: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR TOHAGA (BUMD) KABUPATEN BOGOR

Azhari Aziz Samudra

Abstract


Tujuan dari Studi ini ialah untuk menganalisis dan mengembangkan strategi pengembangan pengelolaan pasar yang dilakukan oleh PD. Pasar Tohaga. Studi ini juga mencaritahu dan menganalisis persepsi pelanggan terhadap penanganan pasar oleh PD Pasar Tohaga. Data dianalisis melalui pendekatan deskriptif analisis dengan studi kasus. Formulasi strategi menggunakan IE Matrict yang dikembangkan dengan berbagai persyaratan manajemen perpasaran menurut penilaian pelanggan (pedagang dan pengunjung) di pasar kelas I, II dan III, dimana perolehan nilai ternyata di bawah rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara total pelanggan mempersepsikan bahwa kinerja pelayanan PD Pasar Tohaga dalam pengelolaan pasar masih rendah sedangkan tingkat harapan pelanggan tinggi. Sementara pengelola memberi penilaian yang baik terhadap kinerjanya sendiri dengan tingkat harapan yang juga tinggi.Strategi yang dapat dikembangkan dan diterapkan oleh PD Pasar Tohaga ialah 1). Merevitalisasi struktur dan infrastruktur pasar; 2). Memperbaiki pasar yang hiegienes, 3). Memperkuat staf di setiap pasar; 4). Diferensiasi pelayanan; 5). Menyelesaikan atau merencanakan lingkungan pasar yang baik; dan 6). Menyelenggarakan survei pelanggan.

Keywords


Perusahaan Daerah Pasar Tohaga, Traditional Market, Analysis of Customer Perception.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v12i2.5444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com