KOMITMEN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH KOTA MANADO PADA PENANGANAN KELUHAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Shirley Y. V. I. Goni

Abstract


Keluhan masyarakat dalam pengurusan administrasi kendaraan bermotor secara umum terjadi karena
beberapa hal yang antara lain organisasi pelayanan gagal mewujudkan kinerja yang dijanjikan. Memperhatikan
berbagai keluhan, maka sebagai organisasi pemberi layanan sangat penting meresponi berbagai keluhan guna
dijadikan sebagai komitmen dalam perbaikan kinerja dan memperbaiki pelayanan menujuh ke arah yang lebih
baik. Untuk hal tersebut maka penelitian ini berupaya menjelaskan komitmen penanganan keluhan pelayanan pajak
kendaraan bermotor oleh Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Unit Pelaksana Teknis Daerah Kota
Manado bagi pengembangan ilmu sosial humaniora. Dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif penelitian
ini menekankan bahwa komitmen penanganan keluhan belum sepenuhnya nyata dijalankan pada pelayanan pajak
kendaraan bermotor di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Unit Pelaksana Teknis Daerah Kota
Manado karena pengembangan kinerja pegawai lebih menekankan pada terwujudnya Pendapatan Asli Daerah
sebagai sumber utama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah bukan pada peningkatan kualitas pelayanan. Olehnya
perlu dilakukan dengan cara perbaikan pada pengembangan kinerja pegawai yang mencakup perbaikan pada
menyusun visi, misi dan rencana organisasi, tindakan pelaksanaan, pengawasan jalannya dan hasil pekerjaan,
evaluasi atas kemajuan serta kegagalan organisasi, sistem karier, kompetensi, kompensasi dan motivasi kerja


Keywords


Komitmen, Penanganan Keluhan, Pelayanan.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v17i3.8335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com