MEMBANGUN MODEL KOMUNIKASI PROGRAM TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN UNTUK KEBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR (STUDI KASUS DESA LULUT, KABUPATEN BOGOR)
Abstract
Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) perusahaan menjadi salah satu ukuran kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar perusahaan yang selanjutnya menjadi aspek penting dalam keberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian secara khusus adalah (1) Mengetahui persepsi penerapan saluran komunikasi dan pendekatan komunikasi yang dilakukan dalam program TJS perusahaan. (2) Mengetahui faktor-faktor yang membentuk karakteristik penerima manfaat. (3) Menganalisis pengaruh karakteristik penerima manfaat, saluran komunikasi dan pendekatan komunikasi program TJS perusahaan terhadap keberdayaan masyarakat. Lokasi penelitian adalah Desa lulut, Kabupaten Bogor dengan ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 74 responden. Penelitian ini didesain menggunakan metode campuran (mix method) dengan menggunakan analisis deskriptif dan structural equation model (SEM). Hasil dari penelitian ini meliputi : (1) Persepsi responden terhadap peubah saluran komunikasi secara umum dinilai baik, sedangkan untuk pendekatan komunikasi dan keberdayaan masyarakat secara umum dinilai buruk. (2) faktor – faktor yang membentuk kareakteristik penerima manfaat adalah pendidikan dan status sosial. (3) Peubah yang mempengaruhi keberdayaan masyarakat adalah pendekatan komunikasi dan saluran komunikasi, sedangkan karakteristik penerima manfaat berpengaruh terhadap saluran komunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Birth, G., Illia, L., Lurati, F. and Zamparini, A. (2008). Communicating CSR: Practices among Switzerland’s top 300 companies. Corporate Communications: An International Journal, 13(2): 182-190.
Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gani I, Muliati, dan Amalia S. (2015). Pemetaan masyarakat sebagai target group program CSR PT. PKT Bontang. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 17 No 1 hal.28-34.
Hasbullah, T. (2012). Desain strategi tanggung jawab sosial perusahaan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan sumber daya pesisir Kota Bontang (Studi Kasus PT. Pupuk Kaltim) [disertasi]. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Nugroho, D.R., Hubeis AVS, Saleh A, and Priatna W.B. (2016). Communication model of corporate social responsibility program for community empowerment. International journal of research in social science vol.6 no.6 pp 1-10Payne M. 1997. Modern Social Work Theory. Second Ed. London (GB): MacMillan Press Ltd.
[Sekneg RI] Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Jakarta (ID): Sekneg RI.
Sari, R.A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal Vol 1 No.1 hal 124 – 140 Tahun 2012
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik (ID): Fascho Publishing.
Yulianita, N. (2008). Corporate social responsibility (CSR) sebagai aktivitas sosial marketing public relations. Mediator, 9 (1): 123-133
Zainal, I.R. (2006. Best Practices: Corporate Social Responsibility, Sebuah Pengalaman Membangun Multistakeholder Engagment bagi Penerpan CSR di Kabupaten Muba Sumatera Selatan. Palembang (ID): Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UNSRI.
DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i1.8683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sosiohumaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Sosiohumaniora Indexed By:
Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By:
Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran
Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363
Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com