STRATEGI PEMASARAN MELALUI MODEL PEMASARAN RELASIONAL UNTUK KOMODITAS WORTEL (Studi Kasus di Klaster Agribisnis Sayuran)

Agriani Hermita Sadeli, Hesty Nurul Utami, Endah Djuwendah

Abstract


Kondisi pasar dan persaingan antar pelaku usaha agribisnis sayuran yang semakin ketat menuntut petani untuk melakukan berbagai upaya strategi bisnis untuk memenangkan persaingan diantaranya dari sisi strategi pemasaran melalui pemasaran relasional. Membangun pemasaran relasional dengan stakeholder termasuk konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Klaster Agribisnis Sayur Kelompok Tani Katata yang terletak di Kampung Cinangsi, Desa Margamekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Pemilihan lokasi dilakukan di kelompok tani ini karena berlokasi di sentra sayuran dan mengembangkan komoditas wortel sebagai komoditas utamanya. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan Kelompok Tani Katata dengan semua pemangku kepentingan berdasarkan enam pasar. Model ini akan mengidentifikasi potensi petani wortel dalam hubungan dengan pemangku kepentingan dari domain enam pasar serta pertukaran nilai antar pelaku. Pihak yang mempengaruhi kelompok tani berada pada keenam pasar dan tercipta pertukaran nilai dalam jaringan. Strategi yang diterapkan harus mempertahankan dan meningkatkan kolaborasi dalam pertukaran nilai dalam jaringan.

Keywords


Wortel, Pemasaran Relasional, Nilai, Strategi Pemasaran

References


Allee, V. 2000. Reconfiguring the Value Network. Journal of Business Strategy, 21(4).

Allee, V. 2002. A Value Network Approach for Modeling and Measuring Intangibles. Dipresentasikan pada Transparent Enterprise, November 2002. Madrid.

Christopher, M., & Peck, H. 2003. Marketing Logistics. Great Britain: Elsevier.

Christopher, M. 2005. Logistics and Supply Chain Management. Prentice Hall, Pearson: Great Britain.

Ballantyne D, et al. 2003. Relationship Marketing: Looking Back, Looking Forward. SAGE, 3(1), 159-166.

Beverland, M., & Lindgreen, A. Relationship or Transactions? Marketing Practice in the Wine Trade. Paper presented at Anzmac 2011 Conference.

Gummesson, E. 2008. Total Relationship Marketing Third Edition. United Kingdom: Elsevier.

Griffin, R. W. and Ebert, R. J. 2007. Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Prentice Hall.

Payne, A., et al. 1999. Relationship Marketing: Strategy and Implementation. Oxford: Butterworth Heinemann.

_________________________________________________________________________

Sadeli, A. H. & Utami, H. N. 2014. Business Success through Relationship Marketing Identification of Red Chili Producers Based on the Six Markets Model. Dipresentasikan pada International Global Trends in Academic Research (GTAR, 2-3 Juni 2014). Global Illuminator.

Sadeli, A. H., et al. 2016. Does Customer Satisfaction on Product Quality Illustrates Loyalty of Agricultural Product?. International Journal of Applied Business and Economics Research, 4(1), 223-232.

Utami, H. N., et al. 2016. Customer Value Creation of Fresh Tomatoes Through Branding and Packaging as Customer Perceived Quality. Journal ISSAAS , 22(1), 123-136.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i1.9573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com