WISUDA LENGGER GIYANTI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KABUPATEN WONOSOBO

Syahrul Akbar

Abstrak


Kekuatan event budaya terletak pada kemampuannya dalam memenuhi tantangan imajinasi pengunjung dan penyelenggaranya, serta menjelajahi kemungkinan-kemungkinan tradisi budaya sebagai produk pariwisata. Sehingga event budaya sering dijadikan atraksi wisata di sebuah destinasi pariwisata. Selain dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, event budaya juga mampu untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan, serta jumlah pengeluaran wisatawan di sebuah destinasi. Dengan potensi tersebut, banyak destinasi pariwisata kemudian mengemas berbagai ritus budaya menjadi sebuah event budaya yang menarik, unik dan sarat nilai-nilai budaya, namun tidak meninggalkan esensi kesakralan ritus budaya tersebut. Penelitian ini mengambil event budaya Wisuda Lengger Giyanti di Kabupaten Wonosobo sebagai obyek dalam penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan hasil wawancara mendalam melalui telepon dengan Penyelenggara Gelaran Wisuda Lengger, sedangkan data sekunder diperoleh dari tinjauan pustaka mengenai teori penyelenggaraan event dan festival, serta literatur terkait dengan Wisuda Lengger Giyanti. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pariwisata budaya dan teori manajemen penyelenggaraan event sehingga dapat mengidentifikasi aspek-aspek kebudayaan dalam gelaran Wisuda Lengger Giyanti.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allen, J., O’Toole, W., McDonnel, I., & Harris, R. (2002). Festival and Special Event Management (Second Edi). John Wiley & Sons Australia, Ltd.

Aristrawati, N. L. P. (2018). Evaluasi Parade Ogoh-Ogoh Sebagai Pendukung Pengembangan Pariwisata Budaya Di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 2, 147. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i01.p08

Chhabra, D. (2019). Authenticity And The Authentication Of Heritage : dialogical Perceptiveness. Journal of Heritage Tourism, 0(0), 1–7. https://doi.org/10.1080/1743873X.2019.1644340

Dai, T., Hein, C., & Zhang, T. (2019). Understanding How Amsterdam City Tourism Marketing Addresses Cruise Tourists’ motivations Regarding Culture. Tourism Management Perspectives, 29(December 2018), 157–165. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2018.12.001

Goeldner, C. R., & Ritchie, J. R. B. (2009). Tourism: Principles, Practices, Philosophies (11th ed.). John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Kelly, D. M., & Fairley, S. (2018). What About The Event? How do Tourism Leveraging Strategies Affect Small-Scale Events? Tourism Management, 64, 335–345. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.009

Laing, J. (2018). Festival And Event Tourism Research : Current And Future Perspectives. Tourism Management Perspectives, 25(September 2017), 165–168. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2017.11.024

Lee, K. Y., & Lee, H. (2019). Traditional Costume Experience At A Cultural Heritage Festival. Tourism Management Perspectives, 32(July), 100555. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100555

Liu, Y. De. (2014). Cultural Events and Cultural Tourism Development: Lessons from the European Capitals of Culture. European Planning Studies, 22(3), 498–514. https://doi.org/10.1080/09654313.2012.752442

Macleod, D. (2006). Cultural commodification And Tourism: A Very Special Relationship. Tourism, Culture and Communication, 6(2), 71–84. https://doi.org/10.3727/109830406777410580

Puspita, D., & Sulandari, S. (2016). Strategi Pengelolaan Desa Wisata Giyanti, Kabupaten Wonosobo. Journal Of Public Policy And Management Review, 5(Nomor 2). https://doi.org/DOI: 10.14710/jppmr.v5i2.10697

Rahayu, I. (2018). Dampak Penyelenggaraan Event Pariwisata Dragon Boat Race Di Kota Tanjungpinang. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 05, 211. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i01.p11

Richards, G., & Wilson, J. (2004). The impact Of Cultural Events On City Image: Rotterdam, Cultural Capital Of Europe 2001. Urban Studies, 41(10), 1931–1951. https://doi.org/10.1080/0042098042000256323

Risteski, M., & Risteski, N. (2015). Determining Quality Of Tourism Events. Hotel Link.

Ristiawan, R. R. (2018). Culture as Tourism Attraction : Commodification and Politicization of Culture in Kembangarum Tourism Village , Yogyakarta Special Region , Indonesia. GADJAH MADA JOURNAL OF TOURISM STUDIES, 1(1), 12–22.

Santa, E. Dela, & Tiatco, S. A. (2019). Tourism , Heritage And Cultural Performance : Developing A Modality Of Heritage Tourism. Tourism Management Perspectives, 31(June), 301–309. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.06.001

Szmigin, I., Bengry-howell, A., Morey, Y., Griffin, C., & Riley, S. (2017). Socio-Spatial Authenticity At Co-Created Music Festivals. Annals of Tourism Research, 63, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.annals.2016.12.007

Zhou, Q. (Bill), Zhang, J., Zhang, H., & Li, X. (Robert). (2018). Is All Authenticity Accepted By Tourists And Residents? The concept, Dimensions And Formation Mechanism Of Negative Authenticity. Tourism Management, 67, 59–70. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.12.024




DOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v1i1.25364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##