PERAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN GEOWISATA

Reza Permadi, Ute Lies Siti Khadijah, M. Sapari Hadian

Abstrak


Kewirausahaan dan inovasi adalah dua elemen penting dari pertumbuhan ekonomi negara-negara maju. Dengan kondisi pasar yang berubah cepat di dunia, para pemerintah daerah dan pelaku industri pariwisata memainkan peran kunci dalam pencapaian kesuksesan di bidang pariwisata, terutama di bidang pariwisata minat khusus kebumian atau geowisata. Istilah geowisata merupakan gabungan dari dua kata, yaitu geo yang bermakna bentuk geografis, geomorfologi dan juga sumber daya alam lainya, dan tourism atau pariwisata yang bermakna kunjungan ke kawasan wisata untuk apresiasi dan pendidikan (R. K. Dowling & Newsome, 2006) dan saat ini sedang berkembang pesat. Banyaknya pilihan paket wisata yang memiliki aktivitas yang sama dan perang harga membuat wisatawan jenuh dalam menentukan perjalanan. Dalam makalah ini, metode yang digunakan adalah kualitatif, untuk mengetahui karakteristik pemimpin pelaku pariwisata seperti kreativitas, kebutuhan untuk pencapaian dan pengambilan risiko. Penelitian ini menunjukkan bahwa geowisata adalah kegiatan berisiko dalam bidang pengelolaan dan kinerja sektor pariwisata, juga memerlukan inovasi dan kreativitas sebagai industri yang berkembang pesat yang harus mendukung selera wisatawan yang berbeda, dan oleh karena itu para pemimpin pelaku industri pariwisata memiliki efek besar pada pengembangan geowisata.

Kata Kunci


wirausaha; inovasi; kreativitas; geowisata; geologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chen, J., Zhu, Z., & Xie, H. Y.(2004).Measuring intellectual capital: a new model and empirical study. Journal of Intellectual Capital, 5 (1), 195-212

Creswell, J. (2013). Penelitian kualitatif dan desain riset. (S. Zuhri kudsi, Ed.) (3rd ed.). Indonesia: Pustaka pelajar.

Dowling, R. K. (2011). Geotourism’s Global Growth. Geoheritage, 3, 1–13.

Dowling, R. K., & Newsome, D. (2006).Geotourism. routledge.

Dowling, R., & Newsome, D. (2010).Chapter 1. Geotourism: A global activity. Global Geotourism Perspectives. Goodfellow London.

Hermawan, H. (2016a). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117.

Hermawan, H. (2016b). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Sosial Budaya Masyarakat Lokal. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri Pertama Tahun 2016 (Vol. 1, pp. 426–435). SNIPTEK Nusa Mandiri

McGrath, R. G., & MacMillan, I. (2000). The entrepreneurial mindset: Strategies for continuously creating opportunity in an age of uncertainty: Harvard Business school.

Pendit, N. S. (2002). Ilmu Pariwisata Jakarta: P.T Pradnya Paramita.

Pitana, I. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: andi.

Pitana, I. G., & Putu, G. (2009). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v2i3.29691

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##