Strategi Adaptasi Ekonomi Petani Penggarap terhadap Dampak Pembangunan Jalan Tol
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apgar, M. J., Allen, W., Moore, K., dan Ataria, J. (2015). Understanding Adaptation and Transformation Through Indigenous Practice: the case of the Guna of Panama. Ecology and Society, 20(1), 45-55. http://dx.doi.org/10.5751/ES-07314-200145
Arif, M., dan Yong, W. (2020). People’s Perception About the Role of CPEC on the Lives of Locals People in Piddi Zirr, District Gawadar Baluchistan Pakistan. International Journal of Disaster Recovery and Business Continuity, 11(1), 2405–2412.
Ariyani, F. (2015). Harga Tanah di Sekitar Tol Cipali Bisa Meroket 20 Persen. Liputan 6. Diambil dari bisnis.liputan6.com/read/2279767/harga-tanah-di-sekitar-tol-cipali-bisa-meroket-20-persen
Azizah, A. N., Budimansyah, D., dan Eridiana, W. (2017). Bentuk Strategi Adaptasi Sosial Ekonomi Masyarakat Petani Pasca Pembangunan Waduk Jatigede. Sosietas, 7(2), 399–406. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10356
Bachriadi, D., dan Wiradi, G. (2011). Enam Dekade Ketimpangan: Masalaha Penguasaan Tanah di Indonesia. Bandung: Agrarian Resource Centre (ARC), Bina Desa, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).
Bennett, J. W. (2017). The Ecological Transition: Cultural Anthropology and Human Adaptation. (C. S. Belshaw, Ed.), The Ecological Transition: Cultural Anthropology and Human Adaptation. New York: Pergamon Press Inc. https://doi.org/10.4324/9781351304726
Fitri, N. N. (2018). Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Skripsi. Universitas Jember.
Ghani, U., Sun, Y., Pitafi, A. H., dan Islam, T. (2020). Social-Cultural Impacts of China-Pakistan Economic Corridor on the Well-Being of Local Community. The Journal of Transport and Land Use, 13(1), 605–624. http://dx.doi.org/10.5198/jtlu.2020.1724
Hidayat, Y., Ismail, A., dan Ekayani, M. (2017). Dampak Konversi Lahan Pertanian Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi (Studi Kasus Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka Jawa Barat). Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2), 171–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21082/jpptp.v20n2.2017.p171-182
Hutami, E. R. (2019). Strategi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Kalimati Dalam Memanfaatkan Uang Ganti Rugi (Studi Kasus Pada Pembangunan Jalan Tol Pejagan-Pemalang). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kalmanje, S., dan Kockelman, K. M. (2009). Variations in Toll Road Impacts: Case Studies from Texas. Journal of the Transportation Research Forum, 48(2), 5–22. Diambil dari http://www.trforum.org/journal
Keesing, R. M. (1979). Teori-Teori Tentang Budaya. Antropologi Indonesia, (52), 4–25.
Khasanah, U., Nugraha, N., dan Kokotiasa, W. (2017). Dampak Pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono Terhadap Hak Ekonomi Masyarakat Desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 108–120. http://doi.org/10.25273/citizenship.v55i2.144
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Makbul, Y., Limnakrisna, N., Wijaya, N., Ratnaningtyas, S., Dwiyantoro, P., dan Cokrowitianto, A. (2021). The Effect of Toll Road Development on Agricultural Land Conversion in Indonesia : An Empirical Analysis. International Journal of Modern Agriculture, 10(1), 880–890.
Noll, B., Filatova, T., dan Need, A. (2020). How Does Private Adaptation Motivation to Climate Change Vary Across Cultures? Evidence from a meta-analysis. International Journal of Disaster Risk Reduction, 46(January), 1-12. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101615
Nopianti, R., Melinda, T., dan Harahap, J. (2018). Strategi Adaptasi Masyarakat Terdampak Pembangunan Waduk Jatigede di Dusun Cipondoh Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Patanjala, 10(1), 17–34. 10.30959/patanjala.v10i1.338
Purwanti, T. (2018). Petani, Lahan dan Pembangunan: Dampak Alih Fungsi Lahan terhadap Kehidupan Ekonomi Petani. UMBARA: Indonesian Journal of Anthropology, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.24198/umbara.v3i2.21696
Revayanti, I. (2019). Dampak Pembangunan Jalan Tol Bocimi Terhadap Sosial, Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Sukabumi. Geoplanart, 2(2), 76–88. http://dx.doi.org/10.35138/gp.v2i2.183
Saputra, I. N., Rahmah, N., dan Meisanti. (2019). Strategi Nafkah Petani oleh Adanya Konversi Lahan Sawah ke Lahan Kelapa Sawit (Studi Kasus Desa Padangguni Utama Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe). Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian, 4(2), 35–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.33772/jimdp.v4i2.6647
Scott, J. C. (1993). Perlawanan Kaum Tani. Jelajah Budaya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sudiyarto, dan Indah, P. N. (2019). The Impact of Agricultural Land Conversion to Toll Roads on Farmers “Perception and Welfare.” Asian Journal of Management Sciences and Education, 8(1), 40–49.
Sugiarto, E. C. (2019). Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Indonesia Maju. Retrieved October 20, 2020, from https://setneg.go.id/baca/index/melanjutkan_pembangunan_infrastruktur_dan_indonesia_maju
Tiara, G., dan Kinseng, R. A. (2011). Strategi Perjuangan Petani dalam Mendapatkan Akses dan Penguasaan Atas Lahan. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 05(01), 13–31. https://doi.org/10.22500/sodality.v5i1.5834
Tim Penyusun Visi Indonesia 2045. (2019). Visi Indonesia 2045. Indonesia: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.
Wijayanto, V., Suwartapradja, O., dan Hermawati, R. (2017). Perubahan Mata Pencaharian dan Proses Adaptasi Warga Terkena Dampak Pembangunan Waduk Jatigede. UMBARA : Indonesian Journal of Anthropology, 2(2), 66–77. https://doi.org/10.24198/umbara.v2i2.20446
Wolf, E. (1966). Peasants. New Jersey: Prentice Hall.
DOI: https://doi.org/10.24198/umbara.v7i2.43048