PERTARUNGAN DISKURSIF ISLAM POLITIK DALAM WACANA PENERAPAN SYARIAT ISLAM PASCA ORDE BARU

Joko Arizal

Abstract


Islam politik pasca Orde Baru semakin menunjukkan sepak terjang dengan beragam artikulasi gagasan. Tak jarang artikulasi gagasan antar partikularitas Islam politik itu saling bertolak belakang, termasuk pemaknaan mereka dalam mengimplementasikan syariat Islam. Untuk melihat kenyataan itu, tulisan ini berupaya menjelaskan pertarungan diskursif partikularitas Islam politik dalam penerapan syariat Islam. Islam politik ini mengacu pada Islamisme, Islam liberal, dan Islam progresif yang berperan sebagai subjek politik. Dalam mencapai tujuan itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori diskursus yang dikembangkan dalam tradisi post-marxisme. Hasil penelitian ini menunjukkan varian Islam politik memiliki perspektif yang berbeda dalam mengartikulasikan pemaknaan dan tuntutan penerapan syariat Islam, bahkan pada taraf yang lain saling menegasikan. Hal ini menegaskan bahwa dimensi logic of difference-nya lebih kuat, sehingga tak memungkinkan adanya subjek hegemonik.


Keywords


Islam Politik; Wacana/Diskursus; Penerapan Syariah Islam

References


Abdurrahman, M. (2002). Korban Pertama Penerapan Syariat Islam Adalah Perempuan. In L. Assyaukanie (Ed.), Wajah Islam Liberal di Indonesia. Jakarta: Jaringan Islam Liberal.

Al Fayyadl, M. (2015). Apa itu Islam Progresif? Diakses 10 Februari 2022, dari: https://islambergerak.com/2015/07/apa-itu-islam-progresif/

Ali-Fauzi, I., & Mujani, S. (Eds.). (2009). Gerakan Kebebasan Sipil: Studi dan Advokasi Kritis Atas Perda Syariah (Cet. 1). Jakarta: Kerjasama Freedom Institute [dan] Nalar.

Assyaukanie, L. (2007). Islam Benar Versus Islam Salah. Depok: Kata Kita.

Awwas, I. S. (2001). Risalah Kongres Mujahidin I dan Penegakan Syariah Islam. Yogyakarta: Wihdah Press.

Awwas, I. S., & Tim MMI. (2014). Pelaksanaan Syariat Islam Dijamin UUD ’45. Diakses 10 Februari 2022, dari: https://www.majelismujahidin.com/pelaksanaan-syariat-islam-dijamin-uud-45/

Azra, A. (1996). Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Post-Modernisme. Jakarta: Paramadina.

Azra, A. (2002). Penerapan Syariat Islam Bisa Kontraproduktif. In L. Assyaukanie (Ed.), Wajah Liberal Islam di Indonesia. Jakarta: Jaringan Islam Liberal.

Bruinessen, M. van (Ed.). (2013). Contemporary developments in Indonesian Islam: Explaining the “conservative turn.” Singapore: Institute of Southeast Asian Studies.

Buehler, M. (2013). Subnational Islamization through Secular Parties: Comparing Shari’a Politics in Two Indonesian Provinces. Comparative Politics, 63–82.

Buehler, M. (2016). The Politics of Shari’a Law: Islamist Activists and the State in Democratizing Indonesia. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Bush, R. (2008). Regional Sharia Regulations in Indonesia: Anomaly or Sympton? In G. Fealy & S. White (Eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia. Singapore: Institute of Southeast Asian Studies.

Danujaya, B. (2012). Demokrasi Disensus: Politik Dalam Paradoks. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, B. (2009). Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Esack, F. (2003). In Search of Progressive Islam Beyond 9/11. In O. Safi (Ed.), Progressive Muslims: On Justice, Gender, and Pluralism. London: Oneworld Publications.

Hadiz, V. R. (2011). Indonesian Political Islam: Capitalist Development and the Legacies of the Cold War. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 30, 3–38.

Hartono. (2010). Kontestasi Penerapan Syariat Islam di Indonesia Dalam Perspektif Hizbut Tahrir Indonesia dan Majelis Mujahidin Indonesia. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Hasani, I., & Naipospos, B. T. (Eds.). (2011). Menyengkal Negara: Kondisi Kebebasan Beragama/Berkeyakinan di Indonesia 2010. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Hilmy, M. (2009). Teologi Perlawanan: Islamisme dan Diskursus Demokrasi di Indonesia Pasca Orde Baru. Yogyakarta: Kanisius.

Howarth, D. R., Norval, A. J., & Stavrakakis, Y. (Eds.). (2000). Discourse Theory and Political Analysis: Identities, Hegemonies, and Social Change. Manchester, UK: Manchester University Press.

Hutagalung, D. (2008). Hegemoni dan Demokrasi Radikal-Plural: Membaca Laclau dan Mouffe. In E. Laclau & C. Mouffe, Hegemoni dan Strategi Sosialis. Yogyakarta: Resist Book.

Kamil, S. (2008, 14 Agustus). Perda Syari’ah di Indonesia: Dampaknya Terhadap Kebebasan Sipil dan Minoritas non Muslim. Diskusi Serial Terbatas Islam, HAM dan Gerakan Sosial Di Indonesia, Yogyakarta.

Krämer, Gudrun. (2003). Political Islam. In R. Martin (Ed.), Encyclopedia of Islam and the Muslim World. USA: Macmillan.

Kurzman, C. (Ed.). (1998). Liberal Islam: A Source Book. London: Oxford University Press.

Laclau, E. (1990). New Reflections on The Revolution of Our Time: Ernesto Laclau. London and New York: Verso.

Laclau, E. (2007). On Populist Reason. London and New York: Verso.

Laclau, E., & Mouffe, C. (2001). Hegemony and Socialist Strategy: Towards a Radical Democratic Politics (2nd ed). London and New York: Verso.

Lahoud, N. (2005). Political Thought in Islam: A Study of Intellectual Boundaries. London: Routledge.

Lewis, B. (1994). Bahasa Politik Islam (I. Ali-Fauzi, Trans.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Majelis Mujahidin Indonesia. (2001). Usulan Amandemen UUD 45 Disesuaikan dengan Syariat Islam. Yogyakarta: Markaz Pusat Majelis Mujahidin.

Mas’udi, M. F. (2002). Keadilan Dulu, Baru Potong Tangan. In L. Assyaukanie (Ed.), Wajah Islam Liberal di Indonesia. Jakarta: Jaringan Islam Liberal.

Mouffe, C. (2005). On The Political. London: Routledge.

Mouffe, C. (2009). The Democratic Paradox (Repr). London and New York: Verso.

Mouffe, C. (2013). Agonistics: Thinking The World Politically. London and New York: Verso.

Munabari, F. (2016). Islamic Activism: The Socio-Political Dynamics of the Indonesian Forum of Islamic Society (FUI),. Canberra: UNSW.

Munjid, A. (2007, Mei). Menggugat Peraturan Daerah Bermotif Agama. Koran Tempo.

Nashir, H. (2013). Gerakan Islam Syariat: Reproduksi Salafiyah Ideologis di Indonesia. Bandung: Mizan.

Nurdin, A. A. (2005). Islam and State: A Study of The Liberal Islamic Network In Indonesia, 1999-2004. New Zealand Journal of Asian Studies, 7, 20–39.

Prasetyo, E. (2017, Februari). Komunikasi personal (wawancara).

Pribadi, A. (2011). Mendaras Islam Progresif, Melampaui Islam Liberal. Indoprogress. https://indoprogress.com/2011/05/mendaras-islam-progresif-melampaui-islam-liberal/

Roy, O. (1996). The Failure of Political Islam. Massachusetts: Harvard Univ. Press.

Salim, A. (1999). Partai Islam dan Relasi Agama-Negara. Jakarta: Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat.

Salim, A. (2002). Islam di Antara Dua Model Demokrasi. In L. Assyaukanie (Ed.), Wajah Liberal Islam di Indonesia. Jakarta: Jaringan Islam Liberal.

Salim, A. (2007). Muslim Politics in Indonesia’s Democratisation. In M. Ross H & M. Andrew (Eds.), Indonesia: Democracy and the Promise of Good Governance. Singapore: ISEAS.

Tarawiyah, S. (2011). Perda Syari’ah dan Konflik Sosial: Implikasi Penerapan Perda No. 4 tahun 2005 Tentang Larangan Kegiatan Pada Bulan Ramadlan Terhadap Hubungan antar Agama di Kota Banjarmasin. Al-Ihkam, 6, 256–273.




DOI: https://doi.org/10.24198/jwp.v7i1.31920

Copyright (c) 2022 Joko Arizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 JWP (Jurnal Wacana Politik) Indexed By:

Google Scholar width=  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search                 

 

 

Published By:

Departement of Political Science
Campus of Faculty of Social and Political Science
Universitas Padjajaran, Building D, 2nd floor
Jl. Raya Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang

  

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.