Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstrak
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran sejarah abad 21: tantangan dan peluang dalam menghadapi pandemi covid-19. Chronologia, 2(1), 30–35.
Akhiruddin, A., Sukmawati, S., Jalal, J., Sujarwo, S., & Ridwan, R. (2021). Inside-Outside Circle Instructional Model for Multicultural Education. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 399–405.
Basid, A., & Miskiyah, R. (2022). Tafsir Kesetaraan dalam Al-Qur’an: Telaah Zaitunah Subhan atas Term Nafs Wahidah. Egalita, 17(1), 18–34. https://doi.org/10.18860/egalita.v17i1.15651
Darussalam, A. Z., Syarifuddin, S., Rusanti, E., & Tajang, A. D. (2021). Pengembangan Manajemen Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau’, Sipakainge’, Sipakalebbi’. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 96. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1831
Duriani, D., Rama, B., Pajarianto, H., & Sari, P. (2021). Thematic Learning in Kindergarten Based on Al-Islam Kemuhamadiyahan and Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2220–2230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1171
Hairuddin, K. (2021). Pattern of Multicultural Insights Development as a Strategy for Adaptation of Midwifery Students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(4).
Hariyadi, S. (2014). Bertanya, pemicu kreativitas dalam interaksi belajar. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 3(2), 143–158.
Jumrana. (2018). Pappaseng Sebagai Karakter Masyarakat Bugis. Laporan Hasil Penelitian, 8.
Mayori, K. (2022). Implementasi Adab Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 9 Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(2), 276–289.
Novianti, S. N., & Husni, D. (2022). Persepsi Sense Of Humor Guru Dengan Keberanian Bertanya Pada Siswa Di Mts Negeri 4 Kampar. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/pib.v3i1.14177
Pajarianto, H. (2022a). Interreligious relation: Position of women in strengthening Christian and Muslim bonds. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 78(4), 7.
Pajarianto, H. (2022b). Pattuppui Ri Ade’e, Pasanre’i Ri Syara’E: Character Education Based On Religious Values and Local Wisdom. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 229–246.
Pajarianto, H., Pribadi, I., Sari, P., & Education, E. L. (2022). Tolerance between religions through the role of local wisdom and religious moderation. 1–8.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.
Porter, T., Elnakouri, A., Meyers, E. A., Shibayama, T., Jayawickreme, E., & Grossmann, I. (2022). Predictors and consequences of intellectual humility. Nature Reviews Psychology, 1(9), 524–536.
Punagi, A. (1988). Bingkisan Budaya Sulawesi Selatan. Ujung Pandang: Yayasan Kebudayaan Sulawesi Selatan.
Suradi, A. (2018). Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111–130.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Wahib, N. (2020). Peranan Perempuan Dalam Pembinaan Mental Spiritual Generasi Bangsa Dalam Perspeksif Pendidikan Islam. Risda : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(1), 5.
Zafi, F. T. N. A. A. (2020). Model pendidikan karakter berbasis keluarga perspektif islam di tengah pendemi covid-19.
DOI: https://doi.org/10.24198/walagri.v1i1.42384
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.