POLITIK ANGGARAN DANA DESA DAN KEPENTINGAN POLITIK LOKAL DI KABUPATEN BANDUNG
Abstrak
Ditetapkannya Alokasi Dana Desa yang dibebankan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Dana Desa yang dikontrol oleh pemerintah pusat, harapannya mampu menggeser posisi desa dari sebelumnya sebagai entitas administratif-pasif, menjadi entitas otonom yang mandiri dan kompetitif. Keduanya juga seharusnya menjadi dasar perubahan tata kelola mengingat kondisi aktual, Pendapatan Asli Desa belum mampu menopang kebutuhan dasar desa di sebagian besar wilayah Indonesia. Sangat disayangkan, kebijakan fiskal ini cenderung mendorong Desa pada panggung pertarungan kepentingan antara pemerintah pusat dan daerah. Dengan melakukan analisis dalam bentuk literature review, penelitian ini menunjukkan bahwa kiranya desa menjadi entitas otonom, desa malah mengalami kebingungann karena adanya tarik menarik kepentingan baik antara pemerintah pusat dan daerah, maupun kelompok kepentingan seperti legislator pusat dan daerah maupun entitas terkecil seperti halnya organisasi kemasyarakatan dan media massa. Kondisi tersebut semakin memburuk dengan patologi birokrasi desa yang cenderung stagnan akibat kualitas sumber daya manusia yang kurang memadai, serta kurangnya pengawasan penggunaan anggaran akibat tidak adanya lembaga audit internal teknis setingkat desa sehingga berimplikasi pada banyaknya praktik penyelewengan penggunaan anggaran. Padahal, Kabupaten Bandung memiliki potensi yang begitu besar khususnya di aspek agrikultur, wisata, termasuk industri.
The establishment of the Village Fund Allocation, which is charged to the Regency/City Government, and the Village Fund, which is controlled by the central government, is expected to shift the position of villages from being passive-administrative entities to autonomous entities that are independent and competitive. Both should also be a breath of fresh air considering the actual conditions, Village Original Revenue has not been able to support the basic needs of villages in most parts of Indonesia. Unfortunately, this fiscal policy tends to push villages onto the stage of a conflict of interest between the central and regional governments. By conducting an analysis in the form of a literature review, this research shows that instead of villages becoming autonomous entities, villages are experiencing vacillation due to the tug of intererst between the central and regional governments, as well as interest groups such as central and regional legislators and smaller entities such as community organizations and the mass media. This condition is exacerbated by the pathology of the village bureaucracy, which tends to stagnate due to the inadequate quality of human resources, as well as the lack of supervision of budget use due to the absence of technical internal audit institutions at the village level, which has implications for the rampant practice of misusing the budget. In fact, Kabupaten Bandung has rich potential, especially in agriculture, tourism, and industry.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiwilaga, R., Firmansyah, A. A., & Kelibay, I. (2024). Strategi Pemerintah Desa meningkatkan Perekonomian Desa Wisata Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 426–438. https://doi.org/10.33506/jn.v10i2.380
Adiwilaga, R., & Kustiawan, I. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT IBUN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN IBUN KABUPATEN BANDUNG. Jurnal JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(3).
Adiwilaga, R., & Rusdia, D. U. (2019a). PERAN PEMERINTAH KECAMATAN KERTASARI DALAM PEMEKARAN DESA RESMITINGAL KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 9(2), 154–160. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v9i2.603
Adiwilaga, R., & Rusdia, D. U. (2019b). PERAN PEMERINTAH KECAMATAN KERTASARI DALAM PEMEKARAN DESA RESMITINGAL KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 9(2), 154–160. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v9i2.603
Adiwilaga, R., & Rusdia, U. (2021). STRATEGI PEMERINTAH DESA TERKAIT REALISASI NEGLAWANGI SEBAGAI DESA WISATA DI DESA NEGLAWANGI KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 10(2), 350–366. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v10i2.1276
Adiwilaga, Rendy. Alfian, Yani. Rusdia, U. (2021). Sistem Pemerintahan Desa di Indonesia: pedoman penyelenggaraan pemerintah desa mengacu pada perundang-undangan periode 2014-2020. Manggu.
Ahmad, R., & Susilawati. (2025). Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi Masyarakat dan Efektivitas Pengelolaan Dana Desa. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 11(2), 976–983. https://doi.org/10.35870/jemsi.v11i2.3954
Fauzanto, A. (2020). PROBLEMATIKA KORUPSI DANA DESA PADA PELAPORAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN DESA BERDASARKAN PRINSIP TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN PARTISIPATIF. Widya Yuridika: Jurnal Hukum, 1.
Hasanah, D. I., & Irwansyah. (2023a). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN PENGGUNAAN ANGGARAN DANA DESA OLEH KEPALA DESA GUNUNGLEUTIK KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 –2021. Jurnal JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(2), 131–161.
Hasanah, D. I., & Irwansyah, I. (2023b). Efektivitas Pengelolaan dan Penggunaan Anggaran Dana Desa oleh Kepala Desa Gunungleutik Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung pada masa Pandemi Covid-19 tahun 2020-2021. Jurnal JISIPOL, 7(2), 131–161.
Helwani, & Herlina. (2022). PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA CIHEULANG KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. Jurnal JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 49–69.
Khairunnisa, A., & Rahmatunnisa, M. (2022). Politik Anggaran di Tingkat Lokal: Politik Elit dalam Program Ketahanan Pangan di Desa Cileles Kabupaten Sumedang 2022. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 5(2). https://doi.org/10.32699/resolusi.v5i2.2883
Leony. (2025, April). Marak Penyelewengan Dana Desa, Pakar UGM Himbau Masyarakat Ikut Mengawasi. Https://Ugm.Ac.Id/Id/Berita/Marak-Penyelewengan-Dana-Desa-Pakar-Ugm-Himbau-Masyarakat-Ikut-Mengawasi/?Utm_source=chatgpt.Com.
Lilis, S., Napisah, D., Cecep, T.-S., & Ekuitas, B. (2020). MODEL PENGELOLAAN DANA DESA MELALUI PRINSIP AKUNTABILITAS PUBLIK DAN TRANSPARANSI DI KABUPATEN BANDUNG. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 79.
Masitha, D., & Kushartono, T. (2019). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN FISIK DI DESA BATUJAJAR TIMUR KABUPATEN BANDUNG BARAT. In Jurnal Caraka Prabu (Vol. 3, Issue 1).
Maulana, R., & Hasanah, D. I. (2024). STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA BANJARSARI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG. Jurnal JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(1), 61–71.
Permatasari, A. (2023). COLLABORATIVE GOVERNANCE BUMD DESA MARGAASIH KABUPATEN BANDUNG. 13(1), 25–33. https://doi.org/10.33366/rfr.v%vi%i.4370
Salsa Fadilah, D., Aditia, R., Nurhalizah, V., & Muksalmina, Y. (2024). Analisis Pengelolaan Dana Desa Serta Implementasinya Terhadap Kemaslahatan Masyarakat Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5(7). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Saputra, S. A., & Manjaleni, R. (2025). Pengaruh Alokasi Dana Desa, Kebijakan Desa, dan Badan Usaha Milik Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Karyalaksana Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 11(2), 849–857. https://doi.org/10.35870/jemsi.v11i2.3920
Tiyan Rahmanul Hakim. 2023. Otonomi Desa Pada Penyelenggaraan Pemerintahan Desa: Studi tentang Kewenangan Pengelolaan Sumber Daya Lokal di Desa Pangalengan Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Tahun 2019-2021. Universitas Padjadjaran
Wanda Novi. (2021, August). Desa Tertinggal di Kabupaten Bandung Diklaim Sudah Tidak Ada lagi. Https://Jabarekspres.Com/Berita/2021/07/02/Desa-Tertinggal-Di-Kabupaten-Bandung-Diklaim-Sudah-Tidak-Ada-Lagi/.
Widiyaningrum, W. Y., Radiansyah, R. R., & Sukaryo, Y. (2021). EFEKTIVITAS PEMEKARAN DESA DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA RESMI TINGAL KECAMATAN KERTASARI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal JISIPOL: Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 5(3), 61–76.
DOI: https://doi.org/10.24198/jane.v17i1.64718
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
JANE (Jurnal Administrasi Negara) Terindeks Di :
 



 
  
   
 

