AKSENTUASI BIBLIOTHERAPY DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Saleha Rodiah

Abstract


College libraries in helping to educate the nation in all aspects of life can play an active role in serving pemustakanya, in this case the student through bibliotherapy activities or therapy literature. Bibliotheraphy an old concept of librarianship. Bibliotherapy services performed in high library implemented to help problem students the nature of academic and non-academic, suspected to disrupt the continuity of studies, with facilitators trained librarians as biblioterapis. Bibliotherapy activities can be applied in the college library with attention to aspects that support the implementation of effective bibliothetrapy.

 

Perpustakaan perguruan tinggi dalam membantu mencerdaskan bangsa dalam segala aspek kehidupan dapat berperan aktif dalam melayani pemustakanya, dalam hal ini mahasiswa melalui kegiatan bibliotherapy atau terapi pustaka. Bibliotheraphy merupakan konsep lama kepustakawanan. Layanan bibliotherapy dilakukan di perpustakaan tinggi dilaksanakan untuk membantu masalah mahasiswa yang bersifat akademik maupun non akademik yang ditengarai dapat mengganggu kelangsungan studinya, dengan fasilitator  pustakawan terlatih sebagai biblioterapis. Kegiatan bibliotherapy dapat diterapkan di perpustakaan perguruan tinggi dengan memperhatikan aspek-aspek yang mendukung terselenggaranya bibliothetrapy secara efektif.


Keywords


Layanan Bibliotherapi, Perpustakaan.

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan : Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung : Refika Aditama

Eliasa, Eva Emania. 2007. Bibliotherapy sebagai Sebuah Metode Tindakan yang Bermakna. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132318571 Microsoft%20Word%20-%20BIBLIOTHERAPY%20AS%20A%20METHOD%20OF%20MEANINGFUL%20TREATMENT.pdf

Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Laksmi. 2007. Tinjauan Kultural terhadap Kepustakawan : Inspirasi dari Sebuah Karya Umberto Eco. Depok : Fakultas Ilmu Budaya http://www.adk.gov.my/html/pdf/jurnal/2008/3.pdf

Purwono.2009. Pemaknaan Buku bagi Masyarakat Pembelajar.Jakarta: Sagung Seto.

Sutarno, NS. 2005. Perpustakaan dan Masyarakat.Jakarta: Sagung Seto.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius (2007).Service, Quality & Satisfaction. Ed. 2. Yogyakarta: Andi.

Yusuf, Roselina binti & Mohd. Shukry bin Taharem (2008).Bibliotherapy: a Tool for Primary Prevention Program with Children and Adolescents.Jurnal anti dadah Malaysia. http://www.adk.gov.my/html/pdf/jurnal/2008/3.pdf.

Zulaeha,Ella. 2012. Biblioterapi: Penghalau Galau dan Depresi http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2012/05/21/biblioterapi-penghalau-galau-dan-depresi-464486.html




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v1i2.11008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan



 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 877-1860-4022 (Risa Nurisani)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: