POTENSI MEMBACA BUKU TEKS (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung)

Arnold Riyan, Prijana Prijana, Sukaesih Sukaesih

Abstract


Research objectives: to determine the activities of the students read the textbook. Research methods: a survey. Sampling methods: quota sampling (n=74). Methods of analysis: statistics. Research: majority factor have a close relationship with the encouragement of students read textbooks: instruction lecturer has a correlation with the reading textbook (62%); friend persuasion has a correlation with activity the reading textbook (48%); student residence has a correlation with the activity of reading textbook (80%). Ethnic origin java has the potential to read textbook (82%). Malay minang ethnic origin have the potential to read textbook (50%); students still seem to have a dependency on libraries to meet the textbook reading material (64%).


Tujuan penelitian: untuk mengetahui aktivitas baca mahasiswa pada buku teks. Metode  penelitian: survei. Metode sampling: quota sampling (n=74). Metode analisis: statistika. Hasil penelitian: Faktor kedewasaan (majority) memiliki hubungan erat dengan dorongan mahasiswa membaca buku teks; Intruksi dosen memiliki korelasi dengan aktivitas membaca  buku teks (62%); Persuasi teman memiliki korelasi dengan aktivitas membaca buku teks (48%); Tempat tinggal  mahasiswa memiliki korelasi dengan aktivitas membaca buku teks (79%); Asal Etnik Sunda memiliki potensi membaca buku teks (80%). Asal Etnik Jawa memiliki potensi membaca buku teks (82%). Asal Etnik Melayu Minang memiliki potensi membaca buku teks (50%); Mahasiswa masih tampak memiliki ketergantungan pada Perpustakaan untuk memenuhi bahan bacaan buku teks (64%).


Keywords


Buku teks, kebiasaan membaca, membaca buku teks

Full Text:

PDF

References


Babbie, E. (1986). The Practice Of Social Research. Jakarta: Erlangga

Belmont, California: A Division of Wadsworth, Inc.

Haris A.J. and Sipay E.R. (1997). How To Increase Reading Ability. New York.

Hurlock, Elizabet B. 1993. Perkembangan anak, Terj. Meitasari Thandrasa.

Khoerunnisa, Lina. (2012). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Sumber online di http://www.pemustaka.com/minat-baca-masyarakat.html. (diakses 10 September 2012).

Moyle, D. (1973). The Teaching Of Reading. London: Hollen Press Limited.

Kurniadi, Danny. (2010). Pengaruh fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan minat baca buku islam terhadap pengembangan budaya agama di SMA Negeri 6 Kota Bandung. Tesis. Program Magister Managemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Prijana. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Memahami Variabel Untuk Maksud Membangun Judul Penelitian. Bandung: Fikom UNPAD

Prijana. (2005). Metode sampling terapan. Bandung: Humaniora.

Sandjadja, Soejanto. (2007). Pengeruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stress Lingkungan. Sumber online di http://www.research.mercubuana.ac.id/proceeding/ss-1.pdf (diakses 5 Oktober 2012).

Singarimbun, Masri. (1989). Metode penelitian survey. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sudjana. (1996). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiharti, Rahma. (2010). Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaesih. (2012). Kemampuan Membaca dalam Konteks Information Literacy. Bandung: Fikom UNPAD

Supardi, A. (1979). Statistik. Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Jati.

Tarigan, H.G. Dkk. (2011). Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martimis. (1997). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.9491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Indexed by:

 

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi d.h. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +62 877-1860-4022 (Risa Nurisani)

Telepon: +62227796954
Faksimile: +62227794122
email: jkip.fikom@unpad.ac.id

 



Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan supervised by: