Penerapan Model Pembelajaran Little Step Dengan Studi Kasus Pembelajaran Materi Linear Programming Metode Grafik

Vina Anggraeni, Leony Lidya, Sandhika Galih Amalga

Abstract


Tingkat pemahaman dan kemampuan peseta didik yang mengikuti proses  belajar mengajar cenderung variatif. Hal tersebut menjadi kendala khususnya pada proses belajar mengajar yang menggunakan metode konvensional (metode ceramah). Oleh sebab itu, model pembelajaran banyak dikembangkan. Salah satu
pengembangan model pembelajaran untuk menjawab tantangan tersebut adalah little step. Model Pembelajaran Little Step adalah sistem belajar yang memberikan program belajar secara perseorangan sesuai dengan kemampuan masing-masing, yang memungkinkan siswa menggali potensi dirinya dan
mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Tujuan dari makalah ini adalah merancang model pembelajarn Little step untuk pembelajaran materi Linear Programming dalam pemecahan persoalan linear programming menggunakan metode grafik berupa diagram pohon pengetahuan, tangga materi, road map, dan lembar kerja untuk pembelajaran materi Linear Programming metode grafik. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa rancangan model pembelajaran Little step yang dibuat, seperti pembuatan diagram pohon pengetahun, tangga materi, road map pembelajaran materi Linear Programming dalam pemecahan persoalan linear programming menggunakan metode grafik. Road map tersebut dapat dijadikan acuan untuk pembelajaran materi linear programming metode grafik, rancangan model pembelajaran ini menghasilkan lembar kerja materi pembelajaran Linear Programming metode grafik yang dibuat secara Little Step. Kemudian dari analisis yang telah dilakukan maka dibangunlah perangkat lunak untuk menunjang proses belajar mengajar model pembelajaran Little Step yang berfungsi untuk wadah sharing informasi, download materi, download lembar kerja, kontak dan pengumuman laporan perkembangan
mahasiswa berdasarkan pencapaian masing-masing mahasiswa.

Kata kunci: Little Step, Linear Programming, lembar kerja, pengujian

 




DOI: https://doi.org/10.24198/jmi.v9.n1.10199.75-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Integrative Math



Published By:

Department of Matematics, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor


Indexed by:

width=width= width= width= width= width=

 

Visitor Number : free
hit counter View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.