ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMEDANG

Dhesti Widya Nurhasanah Ningrum, Irma Hermayanty

Abstrak


This research entitled Analysis of Society Satisfaction Index on Public Service Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. The aim of this study is to determine the level of Sumedang's society satisfaction to provided services by the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang.

The population of this study is the community of Sumedang who got the service in Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. The sampling technique used simple random sampling. Result of sample drawing calculation, got the number of sample are 150 responden. The analytical technique used to test the research hypothesis is quantitative analysis using the formula of IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat/ Satisfaction Index of Society) consisting of 14 elements of service.

The results of the research indicate that the overall service provided by the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang is 75.615 which are in the category of Good. The value for the average on each service element is as follows: 3.140 for service procedure element, the service requirement element is 3,027, the clarity of the service officer is 3,040, the disciplinary element of the service officer is 3,033, the service responsibility element is 3,020, is 3,040, element of service speed is 3,007, element of justice to get service is 3,020, politeness element and hospitality officer is 3,027, service cost element is 3,047, element certainty service cost is 3,027, element certainty service schedule is 3,047, and the security element of the service is 3,073.

Kata Kunci


Publick management, public service, society statisfaction index

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Arif, Mts. (2007). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Banyumedia.

Atmosudirjo, Prajudi. (1994). Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia

Handayaningrat, Soewarno. (1996). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung.

Iskandar. (2005). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Putri.

_______. (2014). Kapita Selekta Administrasi Negara dan Kebijakansanaan Publik. Bandung: Puspaga.

Lembaga Administrasi Negara RI. (1998). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia . Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Mitchel, TR dan Lewis. (1990). Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Moenir, H.A.S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Arni. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Napitupulu, Paimin dan Thamrin Mandiri. (2008). Ekologi Administrasi Negara. Bandung: Alumni.

Patminto, dan Atik Septi Winarsia. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustka Pelajar.

Priabu Tika, Moh. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prisma. (1996). Administrasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Nimas Multima.

Sarwoto. (1991). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siagian, Sondang P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, Ulbert. (2009). Studi Tentang Ilmu Administrasi, Konsep, Teori dan Dimensi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sinambela, Lajian Poltak dkk. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

STIA Sebelas April Sumedang. (2013). Buku Panduan Penulisan Skripsi. Sumedang: STIA.

Syafiie, dkk. (1999). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsi, Ibnu. (1994). Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Thoha, Miftah. (1997). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

___________. (2003). Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administtrasi Negara. Yogyakarta: UGM.

Tjiptono, Fandi. (2008). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Office.

Waluyo. (2007). Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung: Mandar Maju.

Westra, Pariatra.dkk (1980). Aneka Sari Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Balai Pembinaan Akademi Administrasi Negara.

Dokumen-dokumen

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat dan Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Rencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang Tahun 2015-2018




DOI: https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.14364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

 Jurnal Manajemen Pelayanan Publik Indexed By:

Google Scholar  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search          
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.