Identifikasi Pola Saluran, Biaya Dan Marjin Pemasaran Pada Usaha Ayam Ras Petelur Jantan

Karimah Hani Fitriani

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di PT. Kawali Poultry Shop Kabupaten Ciamis dan daerah penyebaran konsumen di Ciamis dan Bandung Raya pada bulan Februari 2020.Kegiatan penelitian bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran, besar marjin, biaya dan keuntungan pemasaran oleh setiap pelaku pemasaran.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus.Data diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola saluran pemasaran tingkat I dan II yang terdiri dari 3 bentuk saluran.Pola saluran pemasaran yang pertama dengan penyebaran konsumen di wilayah Ciamis berbentuk saluran tingkat I yaitu PT. Kawali PS (produsen) – Makelar – Rumah Makan (konsumen) dengan besar marjin Rp.1.000,00 terdiri dari biaya sebesar Rp. 694, 44 (69.44%) dan keuntungan sebesar Rp. 305, 56 (30.56 %). Pola Saluran dengan penyebaran konsumen di wilayah Bandung yaitu Pola saluran pemasaran yang pertama berbentuk saluran tingkat II yaitu PT. Kawali PS (produsen) – Makelar – Pedagang Besar – Rumah Makan (konsumen) dengan marjin Rp. 4.500,00 terdiri dari biaya sebesar Rp.2.320,06 (51,56%) dan keuntungan sebesar Rp. 2.179,94 (48,44%); dan pola saluran pemasaran yang kedua berbentuk saluran tingkat I yaitu PT. Kawali PS (produsen) – Pedagang Besar – Rumah Makan (konsumen) dengan besar marjin Rp.4.000,00 terdiri dari biaya sebesar Rp.1.528,10 (38,20%) dan keuntungan sebesar Rp.2.472,90 (61,80%).


Keywords


Permasaran, Marjin, Biaya, Keuntungan, Makelar, PT. Kawali PS

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal., Nuddin Harahab dan Lina Asmarawati. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. Malang: UBPress.

ASOHI. 2001. Setengah Abad Ayam Ras di Indonesia. Jakarta: Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI)

Daryanto, Arief. 2009. Dinamika Daya Saing Industri Peternakan. IPB Press: Bogor

Daud, Muhammad., Mulyadi., Zahrul, F. 2018. “Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Jantan pada Kepadatan Kandang yang Berbeda.” Aceh: Agripet Volume 18, Nomer 2.

Diwyanto, K. Atien, P. Ismeth, I. 2005. “Prospek dan Arah Pengembangan Komoditas Peternakan: Unggas, Sapi dan Kambing-Domba”. Wartazoa Volume 15 Nomer 1.

Hanafie, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Irawan, B. 2016.“Fluktuasi harga, transmisi harga, dan marjin pemasaran sayuran dan buah” Analisis Kebijakan Pertanian.Volume 5 Nomer 4.

Kumar, Ranjit. 1999. Research Methodology. London: Sage Publications.

Paturochman, Maman. 2012. Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel.Bandung: Unpad Press.

Putri, Karlina Rizka., Rita, Nurmalina., Burhanuddin. 2018. “Analisis Efisiensi dan Faktor Yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 8. Nomer

Soekartawi, 2002.Pengantar Agroindustri. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Soetriono, A., Suwandari dan Rijanto. 2003. Pengantar Ilmu Pertanian. Jember: Bayumedia Publishing.

Suparyanto, dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.




DOI: https://doi.org/10.24198/jsbp.v2i2.50013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Karimah Hani Fitriani



JURNAL INI TERINDEKS:

width=width=width=width=width=width=width=

Jurnal Sosial Bisnis Peternakan is licensed under Attribution 4.0 International

 

View My Stats