Motivasi Usaha Pemilik Usaha Sate Klatak di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul

Muhammad Sayid Jabbar Surendra, Anie Eka Kusumastuti, Siti Azizah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi usaha pemilik usaha sate klatak yang berada di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Penelitian dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2021. Aspek Motivasi usaha yang diamati dalam penelitian ini mengambil dasar dari teori McClelland mencakup kebutuhan berprestasi (need of Achievement), kebutuhan berkuasa (need of Power), dan kebutuhan afiliasi (need of Affiliation). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Data diambil dengan cara observasi partisipasi, wawancara secara mendalam (indepth-interview) dan dokumentasi. Dua orang informan kunci (key informan), yaitu pemilik usaha sate klatak Pak Pong dan sate klatak Kang Dayat dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap dua orang informan kunci menunjukkan bahwa kebutuhan motivasi yang lebih dominan yang mendorong seseorang menjadi pemilik usaha sate klatak adalah kebutuhan berprestasi. Kebutuhan berprestasi yang dimaksud yaitu faktor mencari nafkan dan adanya keinginan menjadi mandiri. Hal ini didukung oleh adanya lingkungan keluarga yang juga memiliki usaha serupa sehingga memudahkan dan mensukseskan mereka dalam melakukan usahanya.


Keywords


Sate klatak, motivasi usaha, teori motivasi Mc.Clelland

Full Text:

PDF

References


Ardiyanti, D. A. dan Z. Mora. 2019. Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha

Muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis. 10 (2) : 168-178.

Benzing, C. and Chu, H.M., 2009. A Comparison of the Motivations of Small Business Owners in Africa. Journal Small Business and Enterprise Development, 16 (1): 60-77.

Gray, K. R. Foster, and H. Howard, M. 2006. Motivations of Moroccans To Be Entrepreneurs. Journal of Developmental Entrepreneurship. 11(04) : 297-318.

Indriyatni, L. 2013. Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil (Studi Pada Usaha Kecil di Semarang Barat). Jurnal STIE Semarang. 5(1): 1-14.

Koo, Y.Y.W. 2016. Identifikasi Motivasi Wirausaha Dalam Menjalankan Usaha Mikro Kecil Menurut Teori Mc. Clelland (Studi Kasus Pada Rumah Makan di Perumahan Genuk Indah Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Miles, M. B. Huberman, A. M. and SaldaƱa, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. 3th ed. USA: Sage Publications

Moorhead, G. and R. W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi edisi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat Mushofa, A. 2010. Perbedaan Motivasi Berwirausaha Antara Siswa SMK dan SMA di Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah

Ramadian. F, Mashudi, dan Witarsa. 2015. Pengaruh Perilaku Konsumsi dan Motivasi Berwirausaha Terhadap 16.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suryana. 2014. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.24198/jit.v22i2.40544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ILMU TERNAK INDEXED BY:

width= width=width=width=width=width=width=