DISASTER NURSING LEARNING NEEDS FOR UNDERGRADUATE STUDENTS OF FACULTY OF NURSING UNIVERSITAS PADJADJARAN
Chintya Ysha Kartika Saragih, Etika Emaliyawati, Desy Indra Yani
Abstract
Bencana yang terjadi di Indonesia memiliki beragam jenis penyebab dan membutuhkan penanganan yang tepat. Mahasiswa keperawatan memiliki peranan penting dalam kondisi bencana sehingga mahasiswa perlu dibekali kesiapsiagaan sejak dini. Faktor penghambat kesiapsiagaan adalah pengetahuan. Pengetahuan akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan pembelajaran keperawatan bencana pada mahasiswa keperawatan program sarjana Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 392 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampel. Instrumen dalam penelitian ini dimodifikasi dari The Learning Needs for Disaster Nursing Scale (LNDN Scale). Teknik analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian adalah kebutuhan pembelajaran keperawatan bencana terdiri dari 3 domain yaitu domain kognitif 88.8%, afektif 85.2% dan psikomotrik 77.3%. Berdasarkan ketiga domain, 3 issue kebutuhan pembelajaran mahasiswa keperawatan yaitu pengetahuan dalam mencegah penularan Covid-19, peran dan tugas perawat dalam bencana serta peralatan penyelamatan dan keterampilan bertahan hidup