DISASTER NURSING LEARNING NEEDS FOR UNDERGRADUATE STUDENTS OF FACULTY OF NURSING UNIVERSITAS PADJADJARAN

Chintya Ysha Kartika Saragih, Etika Emaliyawati, Desy Indra Yani

Abstract


Bencana yang terjadi di Indonesia memiliki beragam jenis penyebab dan membutuhkan penanganan yang tepat. Mahasiswa keperawatan memiliki peranan penting dalam kondisi bencana sehingga mahasiswa perlu dibekali kesiapsiagaan sejak dini. Faktor penghambat kesiapsiagaan adalah pengetahuan. Pengetahuan akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan pembelajaran keperawatan bencana pada mahasiswa keperawatan program sarjana Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 392 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampel. Instrumen dalam penelitian ini dimodifikasi dari The Learning Needs for Disaster Nursing Scale (LNDN Scale). Teknik analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian adalah kebutuhan pembelajaran keperawatan bencana terdiri dari 3 domain yaitu domain kognitif 88.8%, afektif 85.2% dan psikomotrik 77.3%.  Berdasarkan ketiga domain, 3 issue kebutuhan pembelajaran mahasiswa keperawatan yaitu pengetahuan dalam mencegah penularan Covid-19, peran dan tugas perawat dalam bencana serta peralatan penyelamatan dan keterampilan bertahan hidup

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/pacnj.v4i2.65024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Padjadjaran Acute Care Nursing Journal



PACNJ is indexed on:
  </center>

Padjadjaran Acute Care Nursing Journal, Editorial Office:
Faculty of Nursing, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363


e-mail: info.pacnj@unpad.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.