Pengaruh service quality terhadap kepuasan pasien ekspatriat klinik gigi Bali International Dental Center di Denpasar – Bali
Abstract
Pendahuluan : Seiring dengan berkembang pesatnya arus globalisasi dan fenomena Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), jumlah ekspatriat di Pulau Bali meningkat. Para ekspatriat membutuhkan perawatan gigi selama menetap di Pulau Bali. Persaingan ketat di bidang kedokteran gigi menuntut klinik gigi untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing, dan salah satu strategi yang diperlukan adalah menciptakan kepuasan pasien pada klinik gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap kepuasan pasien ekspatriat Klinik Gigi Bali International Dental Center di Denpasar - Bali. Metode: Jenis penelitian analitik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2017 pada100 pasien ekspatriat di Klinik Gigi Bali International Dental Center. Analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil : Uji statistik regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Tangibles (X1) berpengaruh sebesar 8,0% terhadap kepuasan pasien, Empathy (X2) berpengaruh sebesar 18,8% terhadap kepuasan pasien, variabel Reliability (X3) berpengaruh sebesar 15,9% terhadap kepuasan pasien, variabel Responsiveness (X4) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 28,5% dan variabel Assurance (X5) berpengaruh sebesar 14,6% terhadap kepuasan pasien. Simpulan: Kepuasan pasien merupakan persyaratan fundamental bagi penyedia layanan kesehatan. Service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel tangibles (X1) memiliki pengaruh terkecil terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel responsiveness (X4) memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien.
Kata kunci: Service quality, kepuasan pasien
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hwang S-Y, Goong H-S, Kim K-E. Determination factors of dental clinics of foreigners residing in Korea. Int J Clin Prev Dent 2015;11(2):61-6. DOI: 10.15236/ijcpd.2015.11.2.61.
Siswaningsih D. Peluang dan tantangan indonesia pasar bebas ASEAN dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia; 2015.
KBBI: Kamus Besar Bahasa Indonesia. 6th ed. Jakarta: Kemdikbud. 2016.
Direktorat Jenderal Binapenta. Penggunaan Tenaga Kerja Asing Di Indonesia. Jakarta: Pusdatinaker. 2010.
Huguet JW, Martin PL. Asia-Pacific Migration Report Migrants’ Contributions to Development. Papua New Gunea: ESCAP 2015.
Petersen PE. The World Oral Report: Continous Improvement of Oral Health in the 21st Century - the Approach of the WHO Global Oral Health Programme. Geneva: Blackwell Munksgaard. 2003. h. 3-31.
Veerasoontorn R, Beise-Zee R. International Hospital Outshopping: A staged Model of Push and Pull Factors. Emerald Group Publication Ltd. 2014.
Stewart M. Effective physician-patient communication and health outcomes: A Review. 1995.
Beck I, McKeown M, Kucan L. Bringing words to life robust vocabulary. New York: Guilford Press. 2012.
Soelarso H, Soebekti RH, Achmad Mufid. Peran komunikasi interpersonal dalam pelayanan kesehatan gigi. Dent J (MKG) 2005:38(3):124-9. DOI: 10.20473/j.djmkg.v38.i3.p124-129.
DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v1i1.22127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License