Efektivitas pemasaran dari mulut ke mulut pengguna Paviliun Padjadjaran Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran

Yandi Kusmulyandi, Cucu Zubaedah, Kosterman Usri

Abstract


Pendahuluan: Efektivitas Pemasaran merupakan hal yang penting dalam keberhasilan pelaksanaan jasa pemasaran khususnya pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efetivitas Pemasaran dari Mulut ke Mulut Pengguna di Paviliun Padjadjaran Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Metode: metode dalam penelitian ini adalah survey dengan jenis penelitin deskriptif. Pengambilan sampel dengan cara consecutive sampling. Penelitian dilakukan di Paviliun Padjadjaran Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran dengan menggunakan kuisioner. Hasil: sebanyak 84 orang sampel menunjukan bahwa secara keseluruhan rata-rata efektivitas pemasaran pengguna Paviliun Padjadjaran Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran sebesar 67,5 %.Nilai tersebut termasuk kedalam kategori cukup efektif. Simpulan: Tingkat efektivitas pemasaran dari mulut ke mulut di bagian Paviliun Padjadjaran RSGM Unpad dalam hal ini meliputi pasien yang loyal, keluarga pasien, dan penunggu terhadap pelayanan yang diberikan di Paviliun Padjadjaran RSGM Unpad dinilai cukup efektif dengan persentase sebesar 67,5 %.

Kata kunci: Pemasaran mulut ke mulut, pengguna, Paviliun Padjadjaran


Keywords


Pemasaran mulut ke mulut, pengguna, Paviliun Padjadjaran

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Pp 64-65.

Aditama, YT. 2002. Rumah sakit dan konsumen, Jakarta : PPFKM UI. Pp 7-21.

Babin, Barry J. 2005. Modelling Consumer Statisfaction and Word of Mouth: Restoran Patronage in Korea. The Journal of Services. Pp 34-38.

Brown, et al. 2005. Spreading The Words : Investigating Antecedents of Customer’s Positive Word of Mouth Intention And Behavior in Retailing Context, Academy of

Marketing Science Journals, Vol.33, no 2.Pp 123-138.

Burns, D. and Neiser, L. 2006. Customer Satisfaction in a Retail Setting: Contribution of Emotion, International Journal of Retail & Distribution Managment, 34(1). Pp 49–56.

Fandy Tjiptono. 2006 . Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta : Andi. P 5. Gellynck, P. X. 2009. Introduction to Business Management. Jakarta : Rineka Cipta. Pp 10-1.

Hardjam, R. 2001. Efektivitas pelayanan kesehatan di rumah sakit umum kabupaten polman sulawesi barat.

Hasan. 2002. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya

terhadap Word of Mouth (WOM), pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Usaha Mandiri, Kota Bekasi, Jawa Barat. Jakarta : Ghalia Indonesia. Pp 33-50.

Hasan. 2002 . Word of Mouth Marketing Sebagai bauran Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara. Pp 101–112.

Ikawati, Y. 2001. Kasus Malpraktek Bisa Dikenakan Pada Perawat. Jakarta: Kompas. P 33.

Kotller dan Keller. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilidi I dan II. Jakarta: PT. Indeks

Kotler dan Keller. 2007 Marketing Management.Global Edition. NewJersey: Pearson Education. P 78.

Kotller dan Keller. 2009. Managemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke13.Jakarta:Erlangga.Pp 87- 93.

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007 . Manajemen Pemasaran Jasa.

Cetakan II. Jakarta: PT.Indeks. Pp 18-43.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Pp 202-216.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. P 108. Nurpeni, E. F. 2015. Rencana Pemasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard, Jurnal ARSI Kebijakan Kesehatan, 1(2). Pp 116– 123.

Otani, K. et al. 2009 Patient Satisfaction: Focusing on Excellent, Journal of Healthcare Management, 54(2).Pp 93–103.

Pasal 29 Undang-Undang No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia. Pp 82-87.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1173/MENKES/PER/2004 Tentang Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Jakarta.

Sabarguna 2004. Quality Assurance pelayanan Rumah sakit, Jawa Tengah: Konsorsium RS Islam. Pp 1-22.

Sastroasmoro, s, Ismael, s. 2002. Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Jakarta : Sagung Seto.

Silverman, George. 2001. The Secrets of Word of Mouth Marketing. How Trigger Exponmetial Sales Through Runaway Word of Mouth. USA : Amreican Librar association. P 198.




DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v2i1.22303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

      

  

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License