Tingkat kepuasan pasien dewasa pada pelayanan radiografi panoramik di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha

Wine Meilasari, Winny Suwindere, Hendra Polii

Abstract


Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan yang semakin banyak dipakai sebagai alat ukur yang dipercaya untuk menilai keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang baik dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu sarana pelayanan kesehatan yang tersedia dalam bidang kesehatan gigi dan mulut adalah Rumah Sakit Gigi dan Mulut. RSGM adalah sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan rawat jalan, gawat darurat, pelayanan medik dan pelayanan penunjang, salah satunya adalah pelayanan radiologi kedokteran gigi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat memberikan data yang akurat tentang kepuasan pasien radiografi panoramik di instalasi radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifanalitik dengan menggunakan metode survei. Studi penelitian ini menggunakan rancangan crosssectional. Penelitian dilakukan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha yang dilaksanakan pada bulan Juli- Agustus 2017. Pengambilan sampel pasien dengan cara accidental sampling dimana sampel yang digunakan adalah seluruh pasien dewasa yang datang ke instalasi radiologi. Analisis data menggunakan uji statistik oneway anova yang diolah menggunakan program komputer SPSS. Hasil: Sebagian besar responden menyatakan puas pada dimensi Reliability (kehandalan) dengan skor 95,25 %, Assurance (jaminan/keyakinan) dengan skor 94,6%, Tangibles (penampilan) dengan skor 100%, Empathy  (perhatian)  dengan skor 100% Responsiveness (ketanggapan) yaitu memiliki skor 100%. Simpulan: Pelayanan pemeriksaan radiografi panoramik di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha pada periode 18 Juli-18 Agustus  2017 sangat baik, dengan tingkat kepuasan yang tinggi pada dimensi kualitas pelayanan reliability (kehandalan), assurance (jaminan/keyakinan), tangibles (penampilan), empathy (perhatian) dan responsiveness (ketanggapan).

Keywords: Pelayanan, kepuasan, radiografi panoramik


Keywords


Pelayanan, kepuasan, radiografi panoramik

Full Text:

PDF

References


Kepmenkes RI Nomor 1173/MENKES/PER/X/2004 Tentang Rumah Sakit dan Mulut

Purnomosari, Etika. Deskripsi Dokter Gigi Terhadap Kualitas Foto Rontgen Periapikal di RSGM FKG Unpad. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran. 2006.

Widyatelasari, Fitria. Gambaran Pelayanan Pemeriksaan Radiografi Gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Unpad Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pasien. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran. 2006.

Fryanantha, Made. Pengaruh Kualitas Pelayanan Radiologi Terhadap Tingkat Kepuasan Menurut Persepsi Pasien. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati. 2014.

Notoatmodjo, S. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta. 2012.

Anjani, Wike. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Univarsitas Diponegoro. 2009.

Gaghana Veicy F, Siagian Iyone E.T, Palandeng Henry M. F, Monintja Tyrsa. Tingkat Kepuasan Pasien Unversal Coverage Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tuminting Manad. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2014.

Setiawan I.. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Haji Jakarta. Jurnal Kesehatan. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. 2013.

Suryawati C, Dharminto, Shaluhiyah Z. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah. Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. 2006.

Donabedian, A. 1980. The criteria and standars of quality. Michigan. Health Administration Press. 2014:1(1).99 – 108

Depkes, Pemenkes RI, No. 780/MenKes/Per/VIII/2008, Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Radiologi. Jakarta : Depkes RI. 2008.

Suryawati C, Dharminto, Shaluhiyah Z. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah. Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. 2006.

Anjani, Wike. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Univarsitas Diponegoro. 2009.

Menkes RI. Peraturan Mentri Kesehatan RI NO.1173/Menkes/PER/X /2004 tentang Rumah Sakit dan Mulut. Jakarta. 2004.

Jacobalis. Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). 2008




DOI: https://doi.org/10.24198/pjdrs.v2i2.22511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

      

  

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License