SIKAP BAHASA DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA: STUDI KASUS DI FIB UNPAD

Ida Farida Sachmadi, Lestari Manggong, Lia Maulia Indrayani

Abstract


Telah dilakukan penelitian kepada 144 mahasiswa strata S1 dari Fakultas Ilmu Budaya mengenai sikap bahasa mereka terhadap Bahasa Inggris. Survey ini bertujuan untuk menilai sikap mahasiswa terhadap Bahasa Inggris, model pembelajaran Bahasa Inggris, dan materi serta keterampilan berbahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah teori sikap bahasa yang diambil dari Sarnoff dan Asmah, dan angket yang menggunakan Skala Likert. Penelitian ini juga bermaksud mengukur kemampuan mahasiswa-mahasiswa ini dalam keterampilan memahami bacaan Bahasa Inggris melalui lima komponen keterampilan: (1) kosa-kata yang dimiliki, (2) menginferensi, (3) mengenali kata acuan, (4) menemukan gagasan utama, dan (5) mencari informasi pendukung, berdasarkan uraian dari Kintsch dan Grabe. Pesertanya adalah mahasiswa semester tiga: 39 mahasiswa dari Prodi Sastra Jepang, 52 dari Sastra Sunda, dan 53 dari Ilmu Sejarah. Data diperoleh dari tes kemampuan memahami bacaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang jelas pada level kemampuan membaca mahasiswa dari tiga prodi ini, walau mereka telah mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris yang sama selama satu semester. Mahasiswa-mahasiswa di satu prodi menunjukkan kemampuan yang tinggi dalam memahami bacaan dan siap membaca buku teks dan jurnal dalam Bahasa Inggris; prodi lain dapat mulai diajarkan membaca teks dengan level tinggi, namun satu prodi lainnya terlihat belum mampu menerima teks Bahasa Inggris untuk level universitas. Sementara itu, hasil dari survey angket menunjukkan perbedaan kecil pada mahasiswa-mahasiswa ini dalam memandang pembelajaran Bahasa Inggris; dan hasil ini juga dapat dijadikan dasar untuk menyusun model pembelajaran yang tepat sesuai harapan mahasiswa yang akan mendukung perkuliahan mereka di bidang ilmu masing-masing.

 


Keywords


sikap bahasa; level kemampuan membaca; mahasiswa FIB Unpad.

Full Text:

PDF

References


Adtyarini, H., Wijayanto, A. & Masykuroh, Q. (2009). Sikap Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap Variasi Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Humaniora UNY, 10, (1), 71-80.

Aziz, M.S.A. (1994). Attitudes towards English: A Survey of UKM Undergraduates. Jurnal Akademika Universiti Kebangsaan Malaysia, 44, (1), 85-99.

Boone, H.N. & Boone, D.A. (2012). Analyzing Likert Data. Journal of Extension, West Virginia University, 50, (2), 1-5

Grabe, W.F.S. (2011). Teaching and Researching Reading. New York: Longman.

Kintsch, W. (1998). Comprehension: A Framework for Cognition. New York: Cambridge University Press.

Kintsch, W. & van Dijk, T.A. (1978). Toward a Model of Discourse Comprehension and Production. Jurnal Psychological Review, 85, (5), 363-394.

Kusuma, I., & Adnyani, S. (2016). Motivasi dan Sikap Bahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5, (1), 702-713.

Manggong, L., Sachmadi, I.F. & Indrayani, L.M. (2017). Sikap terhadap Bahasa Ingris: Survey terhadap Mahasiswa Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, (5), 317-321.

Manurung, R. T. (2011). Pengajaran Bahasa yang Berkarakter Kebangsaan dan Berspektif Multibudaya dalam Era Globalisasi. Sosiohumaniora, 13, (2), 235-242.

Muflihah. (2016). Tingkat Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris: Studi Kasus Mahasiswa Kelas Bilingual IAIN Purwokerto. Yogyakarta: Paper presented at the Consorsium of Linguistics and Literature: Contemporary Issues in English Linguistics, Literature, and Educations.

Pratiwi, V.U., Astuti, P.I. & Handayani. S. (2015). Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris. Magister Scientiae, 38, (1), 132-142.

Rohman, A.S., & Prijana. (2016). Kemampuan Baca Mahasiswa pada Buku Teks. Sosiohumaniora, Unpad, 18, (3), 255-260.

Siregar, A.T., & Evangline, H. (2017). Kemampuan Berbahasa Inggris, Motivsai dan Sikap terhadap Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi. Skolastik Keperawatan, 3, (1), 11-18.

Tantra, D.K., Mahayanti, N.W.S. & Ratminingsih, N.M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Sikap Bahasa terhadap Prestasi Belajar Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Paper presented at the Seminar Nasional Riset Inovatif

Wiji. (2014). Pengembangan Desain Perkuliahan Kimia Sekolah Berbasis Model Mental untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Subyek Mahasiswa Calon Guru Kimia. (Doctoral Degree), Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i1.14541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com