PENGARUH IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP CITRA PERBANKAN DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Suatu Survey Pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk)

Nunung Ayu Sofiati (Efi), Yoyo Sudaryo, Thessa Tri Astuty, Andi Sukandi

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi serta mendapatkan barang dan jasa. Untuk mencapai tujuan perusahaan, PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk harus meningkatkan nilai perusahaan salah satu caranya dengan cara melakukan promosi melalui situs website dan juga media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh implementasi pemasaran digital terhadap Citra Perbankan melalui kepuasan nasabah. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan menggunakan 140 responden. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis data multivariate dengan tool analisis structural equation modelling. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero), telah merasa puas dan Citra Bank PT. Bank Mandiri (Persero) yang telah dipersepsikan dengan baik. Serta implementasi digital Marketing yang dilakukan berpengaruh tehadap Kepuasan Nasabah dan berpengaruh tehadap Citra Bank PT. Bank Mandiri (Persero).


Keywords


Pemasaran Digital; Kepuasan Pelanggan; Citra Perbankan

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A.M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1, (1), 147–157. https://doi. org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Bentler, P.M. & Chou, C. (1987). Practical issues in structural modeling. Sociological Methods and Research, 16, (1), 78–117

Chaffey, D & Smith, P.R. (2013). E-Marketing Excelence. Planning and Optimizing Your Digital Marketing. Abingdon: Routledge.

Coviello, N., Milley, R. & Marcolin, B. (2001). Understading IT-enables Interactivity In Contemporary Marketing. Journal Of Interactive Marketing. 15(4), 18-33.

Gronroos, C. (1990). Service Management & Marketing: A Moment of Truth. Singapore: Maxwell Macmillan International.

Gunawardana, H.M.R.S.S., Kulathunga, D. & Perera, W.L.M.V. (2015). Impact of self service technology quality on customer satisfaction: A case of retail banks in Western Province in Sri Lanka. Gadjah Mada International Journal of Business, 17(1), 1–24.

Kotler, P. & Keller, K. (2012). Managemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Laksana, D. & Dharmayanti, D. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectualcapital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri. Jurnal Pemasaran,12(1), 10–24. https://doi.org/10.9744/ pemasaran.12.1.10

Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika’45, 5(1). 38-54.

Nugroho, A. & Sudaryanto, B. (2013), Pengaruh Kinerja Layanan Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang, Diponegoro Journal Of Management, 2(3), 1-9.

Purnomo, E.S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755 – 764

Purwana, D., Rahmi, R. & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi. org/10.21009/jpmm.001.1.01

Upamannyu, N.K. & Bhakar, S.S. (2014). Effect of Customer Satisfaction on Brand Image & Loyalty Intention : A Study of Cosmetic Product. International Journal of Research in Business and Technology, 4(1). https://doi.org/10.17722/ijrbt.v4i1.179

Sangadji, E.M. & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sanjaya, R. & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.

Sella, K. (2012). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel)

Sofiati, N.A. & Limakrisna, N. (2017). Holistic marketing implementation to increase company trust and image on state banking industries (a customer survey on customers of state banks in West Java province). International Journal of Applied Business and Economic Research, 15, (6), 117–130.

Sukandi, A. (2019) Pengaruh digital Marketing terhadap kepuasan nasabah dan berdampak kepada citra perbangkan. Sosiohumaniora. 21(3), 355-364.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi.




DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v24i1.23594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com