KERAGAAN SUMBER DAYA MANUSIA UNIVERSITAS PADJADJARAN MENYONGSONG OTONOMI PERGURUAN TINGGI

Murnisari -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lingkungan belajar yang dapat
mempengaruhi keberhasilan proses belajar dan mengajar yang terjadi pada
seluruh sivitas akademika Universitas Padjadjaran. Lingkungan belajar tersebut
meliputi materi pelajaran, teknologi instruksional, karakteristik peserta didik,
karakteristik pengajar, interaksi pengajar dan mahasiswa, organisasi pendidikan,
fasilitas fisik serta hubungan lembaga pendidikan dengan
keluarga/masyarakatnya. Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat berbagai
kelemahan dalam lingkungan belajar di Universitas Padjadjaran, terutama dalam
rangka menuju perubahan status dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi
Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Oleh karena itu, sebelum ditetapkan sebagai
BHMN, Universitas Padjadjaran masih perlu melakukan pembenahan terlebih
dahulu terhadap berbagai fasilitas, baik yang berupa “software” maupun yang
berupa “hardware”.
Kata kunci : Badan Hukum Milik Negara (BHMN), software , hardware.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v4i1.5255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2002 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com