KARAKTERISTIK KEDEKATAN EMOSIONAL ORANGTUA SEBAGAI MODEL DAN MENTOR KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA

Livia Yuliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik terkait
kedekatan emosional yang diperlukan oleh orang tua sebagai model dan mentor
kecerdasan emosional bagi anak remajanya. Subjek penelitian ini adalah 82 orang
remaja sebuah SMP dan SMU di Surabaya yang berusia 13-18 tahun. Pengumpulan
data dilakukan melalui angket kecerdasan emosional dan angket terbuka tentang
kedekatan emosional subjek dengan orang tua mereka. Berdasarkan penelitian
tersebut, terdapat dua karakteristik terkait kedekatan emosional yang diperlukan
orang tua untuk menjadi model dan mentor kecerdasan emosional. Pertama,
memiliki waktu kebersamaan yang lebih lama dengan remaja. Kedua, memiliki
kualitas pribadi berikut ini, yaitu dapat dipercaya, memberikan kenyamanan
emosional, serta dapat memahami dengan style komunikasi remaja.
Kata kunci: Model, mentor, kecerdasan emosional, kedekatan emosional.



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v10i2.5396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com