BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK

Asep Sumaryana

Abstract


Birokrasi merupakan alat pemerintah yang dapat mempermudah
pelayanan kepada masyarakat. Dengan birokrasi pelayanan dapat dilakukan lebih
mudah sekaligus memuaskan masyarakat. Untuk itu birokrasi harus mampu
melayani seluruh stakeholder secara proporsional dan profesional. Tidak semua
stakeholder mudah dilayani mengingat banyak kepentingan didalamnya sehingga
upaya tersebut akan menjadi sulit tatkala birokrasi sudah berpihak kepada
kepentingan salah satu stakeholder. Untuk itu birokrasi harus terus memacu
kemampuan diri dan tetap bersikap independen. Mengabaikan kemampuan
seperti itu akan mendorong birokrasi jatuh kedalam kubangan hujatan
masyarakat.
Kata kunci : Birokrasi dan independensi dalam pelayanan publik



DOI: https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v7i2.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2005 Sosiohumaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Sosiohumaniora Indexed By:

 

width= width= width= width=120 width= width=  width=  width= width= width= width= width=  width= width=120 

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Visitor Statistics


Published By:

Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Padjadjaran

Dean's Building 2nd Floor, Jalan Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363

Email: jurnal.sosiohumaniorafisip@gmail.com