Analisis Pengaruh Label Halal, Kemasan dan Social Media Engagement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Krim Mixue

Abu Hanifah Huzaifah, Aditia Ginantaka, Delfitriani Delfitriani

Abstract


Era digital yang semakin merajalela saat ini memberikan perubahan bagi kehidupan. Perubahan yang terjadi yaitu dalam segi pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui social media, khususnya Instagram yang memiliki tingkat penggunaan tinggi di Indonesia. Terdapat banyak unggahan terkait antusiasme pada produk Mixue di social media. Hal yang mempengaruhi antusiasme publik adalah logo Mixue yaitu snow king yang terdapat pada kemasan. Banyak juga ditemukan perdebatan mengenai kehalalan produk Mixue di social media. Berkembangannya produk beverage menuntut perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran yang baik, salah satu faktor yang berperan penting adalah kehalalan, kemasan dan social media engagement. Setiap hal yang berkaitan dengan suatu produk akan menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, kemasan dan social media engagement terhadap keputusan pembelian produk es krim Mixue serta menganalisis variabel yang paling dominan dalam keputusan pembelian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 31,859 > 2,70 dan masing-masing nilai t hitung dari setiap variabel > t tabel.  Label halal, kemasan dan social media engagement berpengaruh positif secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk es krim Mixue. Kemasan menjadi variabel bebas yang paling dominan dalam keputusan pembelian.

Keywords


Es krim; kemasan; label halal; regresi linear; social media

References


Agustiani, N. R., Yusa, V. D. (2023). Pengaruh Halal Awareness dan Social Media Marketing terhadap Minat Beli pada Mixue. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(4), 1-18.

Asriah, D. (2013). Pengaruh Pencantuman Label Halal terhadap Perilaku Pembelian Produk di Masyarakat [skripsi IAIN Raden Intan Lampung]. Raden Intan Repository.

Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal dan Ketersediaan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6719.

Asyhari, A., Ayuni, S., Primananda, N. A., Saputri, P. L., Salleh, W. A. (2022). The Mediating Effect of Consumer Brand Engagement on the Relationship between Social Media Marketing and Repurchase Intention. Jurnal Digital Marketing and Halal Industry, 4(2), 1-22.

Azhara, S., Hidayat, M. F., Paradiba, N. P., & Ayu, D. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. jurnal Karimah Tauhid, 2(1), 238–248. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7730.

Anonim. (2023). Stop Klaim Halal Berikut Pelanggaran Mixue. Halal Corner. [diakses 21 September 2023]. https://halalcorner.id/stop-klaim-halal-berikut-pelanggaran-mixue/.

Badan Pusat Statistik. (2021, September 16). Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan (Jiwa), 2019-2021. https://bogorkab.bps.go.id/indicator/12/29/1/jumlah-penduduk.html.

Bulan, T. P. L., Fazrin, K., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 729–739. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.679.

Dewi, I. C., Indrianto, A. T. L., Soediro, M., Winarno, P. S., Minantyo, H., Sondak, M. R., Warrauw, W. L., Grasielda, I., Yuwono, V. K., Gunawan, S., & Leoparjo, F. (2022). Trend Bisnis Food & Beverages Menuju 2030. Lakeisha.

Fajrianti, S. T. (2020). Respon Masyarakat terhadap Produk Makanan Tanpa Label Halal di Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. [skripsi Institut Agama Islam Negeri Parepare]. Repository IAIN Pare.

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992.

Kim, A. J., Ko, E. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal Business Research, 65(10), 1480-1486.

Kotler, P., Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th Edition. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson.

Jamil, N. A., Kurnia, A. D., & Jalaludin. (2020). Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers dalam Perspektif Ekonomi Islam di Media Sosial Instagram. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan, 4(1), 82-94. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101.

Junaidi., Azhari. (2023, Februari 16). Tetapkan Kehalalan Mixue Ice Cream and Tea, MUI: Produknya Halal dan Suci. MUI Digital. https://mui.or.id/baca/mui/tetapkan-kehalalan-mixue-ice-cream-tea-mui-produknya-halal-dan-suci.

Maliha, D. W., Sari, M. N., Kahar, A., Septrizarty, R., & Asrilsyak, S. (2023). Fenomena Viral Brand dan Dampak pada Pembelian Mixue. Journal on Education, 06(1), 7334-7339. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3996.

Nugraha, A., Hasanah, M., & Sholichah, I. F. (2023). Pengaruh Social Comparison terhadap Subjective Well- Being Mahasiswa Pengguna Instagram di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 18(101), 126–137. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v18i2.6272.

Nugroho, I. D., Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa). Jurnal Indonesia Membangun, 20(1), 113-126.

Nurul, F. (2020). Pengaruh Media Sosial, Electronic Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi pada Toko Poeniko Batik di Pekalongan). [Thesis Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository.

Pramana, K. M. P., & Mayasari, N. M. D. A. (2023.) Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(2), 325–333. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61766.

Pramesti, R. D., Susilawati. (2021). Analisis Fitur dan Elemen Desain Kemasan Bakpia Kenes terhadap Persepsi Konsumen. Jurnal Wahana, 73(2), 74-87.

Pramudita, R. A., Antika, R. W. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 2262-6367.

Pranata, R. A. (2022). Motivasi Penggunaan Fitur Like Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). [skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Institutional Repository.

Pujiatuti, H., Afendi, A., Junusi, R. E., Mahardianto, A. (2022). Consumers and Halal Cosmetic Products: Halal Label, Life Style and Word of Mouth Communication. Journal Digital Marketing and Halal Industry, 4(1), 67-76.

Puspitarini, D. S., Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 5(1), 71-80.

Putra, I. P. D. S. S., Mardika, A. P., & Dewi, I. A. I. K. (2023). Analisis Pengaruh Brand Awareness Terhadap Minat Belanja di Mixue Daerah Tabanan. Jurnal Ilmiah Sains Sosial Kewirausahaan dan Kebudayaan, 01(01), 67–71. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/jissiwirabuda/article/view/189.

Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh Kemasan dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(1), 3–5. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i1.3335.

Risdiyanto, D. A. (2022). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Objek Wisata Telaga Madirda [skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Institutional Repository.

Salim, H. S., Goh, T. S., Margery, E. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Produk terhadap Keputusan Pembelian di PT. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1), 9-21.

Santoso, A. P., Baihaqi, I., Persada, S. F. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Teknik ITS, 6(1), 217-221.

Sari, H., Anggraeni, L. (2019). Peran Tipe Gambar, Tagar, Jumlah Likes dan Informasi Harga pada Instagram terhadap Intensi Membeli. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 71-80.

Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. 12th Edition. Pearson.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984.

Syaufana, T. A. (2022). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Halal pada Generasi Z di Jabodetabek. [Skripsi Institut Pertanian Bogor]. IPB University Scientific Repository.

Tristiani, R. I., Amanda, D., & Dharmoputro, S. (2019). Pengaruh Green Brand Positioning, Attitude Toward Green Brand dan Green Brand Knowledge terhadap Niat Beli Hijau pada Motor Gesits di Kota Jakarta. e-Proceeding of Management, 6(1), 357–361. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8906.

Trunfio, M., & Rossi, S. (2021). Conceptualising and Measuring Social Media Engagement: A Systematic Literature Review. Italian Journal of Marketing, 2021(3), 267-292. http://dx.doi.org/10.1007/s43039-021-00035-8.

Wahyuni, S. N., Damayanti, D. (2019). Digital Branding Menggunakan Instagram Follower. Information System Journal, 1(4), 31-35.

Willy, W., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 65–74. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1820.




DOI: https://doi.org/10.24198/jt.vol18n2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY-SA 4.0)