TINGKAT PARTISIPASI PUBLIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LAPOR DI KOTA BANDUNG

Nur Atnan, Ayub Ilfandy Imran

Abstract


Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan aplikasi media sosial yang digunakan di
Kota Bandung sejak November 2013 untuk mendorong partisipasi publik dalam pembangunan. Dalam konteks
kehidupan demokrasi, pemanfaatan LAPOR dapat membantu pemerintah untuk mendengarkan aspirasi rakyat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar tingkat partisipasi masyarakat
Kota Bandung dalam pemanfaatan LAPOR, faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam
penggunaan LAPOR, dan bagaimana pendapat masyarakat tentang kinerja Pemerintah Kota Bandung dalam
pengelolaan LAPOR. Penelitian ini menggunakan mix method, yakni perpaduan antara metode kuantitatif
dan metode kualitatif. Pengolahan data dilakukan dengan analisa kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa masyarakat Kota Bandung masih banyak yang belum berpartisipasi menggunakan
aplikasi LAPOR, faktor dominan pendorong partisipasi penggunaan LAPOR karena kemudahan penggunaan
aplikasinya bukan karena manfaatnya, dan responden juga menilai kinerja Operator LAPOR sudah cukup baik.


Keywords


Tingkat Partisipasi; Aspirasi; Pemanfaatan LAPOR; Kinerja.

References


Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Ancok, D. (1993). Teknik Penyusunan Skala Pengukur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Atnan, N. & Imran, A.I. (2015). Strategi Sosialisasi dan Pendekatan Komunikasi DISKOMINFO dalam Pengelolaan Aplikasi LAPOR di Kota Bandung. Prosiding COMNEWS: Universitas Multi Media Tangerang.

Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

BPS Kota Bandung. (2014). Kota Bandung Dalam Angka Tahun 2014. Bandung: BPS Kota Bandung.

Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, J.W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, F.D. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory Andresults. Doctoral dissertation. Cambridge, MA: MIT Sloan School of Management.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35 (8), 982–100.

Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading. M.A: Addison-Wesley.

Jati, W.R. (2016). Cyberspace, Internet, dan Ruang Publik Baru; Aktivisme Online Politik Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3 (1), 17-29.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

LAPOR. (2015). Sumber: https://www.lapor.go.id/statistik/ (diakses tanggal 8 Juni 2015).

Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information Systems Research, 2 (2), 173-191.

Miles, M.B., & Huberman, M.A. (1984). Qualitative Data Analysis ; A Sourccebook of New Methods. London: SAGE Publications.

Praveena, K., & Thomas, S. (2014). Continuance Intention to Use Facebook: A Study of Perceived Enjoyment and TAM. Bonfring International Journal of Industrial Engineering and Management Science, 4 (1), 5-10.

Purwanto, E.A., & Sulistyostuti, D.R. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gaya Media.

Purworini, D. (2014). Model Informasi Publik di Era Media Sosial: Kajian Grounded Teori di Pemda Sukoharjo. Jurnal Komuniti, 4 (1), 3-14. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v6i1.2929.

Setiawan, H., & Santoso, P. (2013). Model Optimalisasi Peluang Pemanfaatan Media Jejaring Sosial dalam Implementasi E-Governance di Indonesia. Semnas Informatika, UPN Veteran Yogyakarta.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV ALFABETA.

Semiocast. (July 30th, 2012). “Twitter reaches half a billion accounts. More than 140 millions in the U.S. - Geolocation analysis of Twitter accounts and tweets by Semiocast.” Sumber: https://semiocast.com/en/publications/2012_07_30_Twitter_reaches_half_a_billion_accounts_140m_in_the_US (diakses tanggal 10 Juni 2015).

Tsai, C.M., Huang, Y.T., & Hsieh, J.L. (2011). Taiwanese Facebook Users’ Motivation and the Access of Information Technology. National Science Council, HCII 2011, CCIS.

Winarko, B., & Mahadewi, L. (2013). Tinjauan Beberapa Model Teori Dasar Adopsi Teknologi Baru. Jurnal Sampoerna School of Business, 3 (4), 5-9.




DOI: https://doi.org/10.24198/jwp.v3i2.19883

Copyright (c) 2018 Nur Atnan, Ayub Ilfandy Imran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 JWP (Jurnal Wacana Politik) Indexed By:

Google Scholar width=  Bielefeld Academic Search Engine (BASE) WorldCat Indonesia One Search                 

 

 

Published By:

Departement of Political Science
Campus of Faculty of Social and Political Science
Universitas Padjajaran, Building D, 2nd floor
Jl. Raya Sumedang Km.21, Jatinangor, Sumedang

  

Lisensi Creative Commons Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.